UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLAVOLI MELALUI PENDEKATAN BERMAIN BOARDBALL PADA SISWA KELAS V SDN SAMBONGREJO 01 KECAMATAN GONDANG KABUPATEN BOJONEGORO TAHUN AJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

Gagarin Cahyono
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.09.0138

Abstract

Abstrak GAGARIN CAHYONO: Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli Melalui Pendekatan Bermain Boardball Pada Siswa Kelas V SDN Sambongrejo 1, Skripsi, PENJASKESREK, FKIP UN PGRI, 2016. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa dalam kegiatan pembelajaran bola voli siswa sering mengalami sakit pada tangan saat melakukan passing bawah dikarenakan media yang digunakan tidak sesuai karakteristik siswa. Akibatnya suasana pembelajaran monoton. Hal tersebut nampak dari motivasi belajar siswa yang rendah, yang pada akhirnya hasil belajarnyapun juga rendah. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Apakah pendekatan bermain boardball dalam pembelajaran passing bawah bola voli dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Sambongrejo 1. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian siswa kelas V SDN Sambongreo 1. Penelitian dilaksanakan dlam 2 siklus, mnggunakan instrumen berupa RPP, lembar obsevasi aktivitas sisswa, lembar observasi aktivitas guru, kuesioner motivasi belajar dn tes hasil belajaar siswa. Kesimpulan Hasil penelitian ini adalah (1) bahwa hasil belajar passing bawah bola voli melalui pendekatan bermain boardball berdampak positif, hal ini terlihat pada hasil ketuntasan belajar siswa yang melebihi KKM yang telah ditetapkan yaitu 70, melalui tindakan siklus pembelajaran ini mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan : (1) Tujuan bmodel pembelajaran passing bawah bola voli melalui pendekatan bermain boardball dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh sebab itu guru dalam pembelajaran passing bawah bola voli sebaiknya mengguakan media yang sesuai karakteristik siswa. (2) Menerapkan metode serta media pembelajaran yang sesuai materi. (3) Siswa sebaiknya memotivasi diri dalam belajar, agar mencapai hasil yang maksimal. Kata kunci : hasil belajar, passing bawah, bola voli, boardball

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-15

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI