UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING ATAS BOLA VOLI DENGAN BALON PANTAI PADA SISWA KELAS IV SDN I SUMBERJO WETAN KECAMATAN NGUNUT TAHUN AJARAN 2015-2016


Author (Penulis)

ESKA SEPTRIAN MADIASTO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.09.0121

Abstract

Eska Septrian Madiasto: Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Passing Atas Bola Voli dengan Balon Pantai Pada Siswa Kelas IV SDN I Sumberjo Wetan Kecamatan Ngunut Tahun Ajaran 2015-2016, Skripsi, Penjaskesrek, FKIP UN PGRI Kediri, 2016. Kata kunci: Bola Voli, Passing Atas, Balon Pantai. Penelitian ini dilatar belakangi progam pendidikan jasmani SD, lebih banyak ditekankan pada proses penguasaan keterampilan gerak sebelum dicapai hasil, maksudnya yang lebih diutamakan adalah proses pengembangan keterampilan. Keterampilan gerak dasar itu didukung oleh pola gerak. Yang dimaksud dengan pola gerak adalah serangkaian gerak terkait yang terorganisasi. Realita yang kami temukan pada gerak passing atas siswa kelas IV yakni pada usia rata-rata 10 tahun nilai hasil belajar masih kurang maksimal, setelah kami teliti ditemukan permasalahan pada siswa yaitu siswa masih banyak yang merasa takut dengan kerasnya bola voli standart. Permasalahan penelitian ini adalah Bagaimanakah penggunaan balon pantai dapat meningkatkan hasil belajar passing atas pada bola voli siswa kelas IV SDN I Sumberjo Wetan Kecamatan Ngunut Tahun Ajaran 2015-2016? Berdasar rumusan masalah diatas ditinjau dari sisi guru bisa membantu tercapainya target hasil belajar passing atas bola voli, dan dari sisi siswa dapat terpecahkannya masalah rasa takut siswa terhadap bola voli standart. Berdasarkan uraian tersebut diatas pemecahan masalah yang dapat dilakukan adalah mengganti bola voli standart dengan balon pantai yang bertujuan meningkatkan hasil belajar passing atas pada bola voli. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah Pembelajaran passing atas bola voli dengan balon pantai dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat pada hasil ketuntasan belajar siswa yang melebihi KKM yang telah ditetapkan yaitu 75 mengalami peningkatan yaitu pada siklus I ke siklus II sebesar 31,25% yaitu dari 62,5% (siklus I) menjadi 93,75% (siklus II).Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian ini direkomendasikan dalam pembelajaran penjasorkes khususnya passing atas bola voli, sebaiknya guru menggunakan media yang sesuai karakteristik dan menarik bagi siswa, guru diharapkan dapat memilih dan menerapkan metode serta media pembelajaran yang sesuai dengan materi pelajaran, sehingga keefektifan kegiatan belajar mengajar dapat tercapai dan suasana pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. Kata kunci: Bola Voli, Passing Atas, Balon Pantai.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-15

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI