PENGARUH PEMBELAJARAN LOKOMOTOR TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK SISWA SDN KEDUNGMLATEN KECAMATAN LENGKONG KABUPATEN NGANJUK TAHUN 2016/2017
Author (Penulis)
MOH. FATKUL ARIFIN
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.09.0111
Abstract
ABSTRAK
Moh. Fatkul Arifin, Pengaruh Pembalajaran Lokomotor Terhadap Perkembangan Motorik Siswa Kelas 5 Sdn Kedungmlaten Kecamatan Lengkong Kab Nganjuk Tahun Ajaran 2016/2017, skripsi Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Kediri, 2017
Kata Kunci : Pembelajaran Lokomotor, Motorik
Perkembangan motorik sangat diperlukan bagi anak. Dengan pembelajaran lokomotor diharapkan dapat meningkatkan kemuan motorik anak. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Lokomotor terhadap perkembangan motorik dan Untuk mengetahui berapa besar pengaruh pembelajaran Lokomotor terhadap perkembangan motorik siswa kelas 1-VI SDN KedungMlaten Kecamatan Lengkong.
Metode penelitian dengan jenis penelitian komparatif dengan populasi siswa kelas I sampai kelas VI SDN Kedungmlaten dengan teknik sampling cluster sampling. Instrumen penelitian sendok kelereng, kardus karton, ktak kayu dan meteran pengukur jarak. Teknik pengumpulan data dengan teknik observasi langsung di lapangan. Analisa data menggunakan uji t tes dan regresi linier
Hasil penenlitian menunjukan Ada pengaruh model pembelajaran Lokomotor terhadap perkembangan motorik siswa SDN Kedungmlaten Kecamatan Lengkong, Besar pengaruh model pembelajaran Lokomotor terhadap perkembangan motorik siswa SDN Kedungmlaten Kecamatan Lengkong sebesar 93.1%.