UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN TOLAK PELURU DENGAN PENGGUNAAN MODIFIKASI PELURU PADA SISWA KELAS V MI HIDAYATUL MUBTADIIN JATI TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

IRFAN SETIAWAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.09.0054

Abstract

ABSTRAK IRFAN SETIAWAN: Upaya Meningkatkan Pembelajaran dan Kemampuan Tolak Peluru dengan Modifikasi Peluru pada Siswa Kelas V MI Hidayatul Mubtadiin Jati Tahun Ajaran 2016/2017. Kata Kunci : Meningkatkan Pembelajaran, Kemampuan Tolak Peluru, Modifikasi Peluru. Atletik merupakan cabang olahraga yang di dalamnya mencakup semua aspek gerak manusia, seperti jalan, lari, lompat, dan lempar. Olahraga atletik diajarkan mulai jenjang SD/MI hingga jenjang SMA/MA. Pada pokok bahasan atletik khususnya tolak peluru, pada saat siswa mempraktekkan apa yang telah dijelaskan oleh gurunya. Berdasarkan observasi awal, diketahui bahwa pembelajaran tolak peluru kelas V di MI Hidayatul Mubatdiin Jati Kecamatan Tarokan Kabupaten Kediri masih kurang optimal dikarenakan siswa merasa takut untuk memegang media peluru yang dimana media peluru yang digunakan mempunyai berat 3 kg dan kurang menarik minat siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pembelajaran dan keterampilan tolak peluru dengan menggunakan modifikasi peluru pada siswa kelas V MI Hidayatul Mubtadiin Jati tahun ajaran 2016/2017. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK).PTK merupakan penelitian yang mengkaji proses pembelajaran dikaitkan dengan pengoptimalan penggunaan metode, media, strategi pembelajaran, dalam mana kegiatan perbaikan pembelajaran tersebut diharapkan dapat meningkatkan proses dan hasil pembelajaran siswa. Melalui PTK ini dilaksanakan pembelajaran tolak peluru dengan permainan modifikasi menggunakan bola peluru yang diganti dengan bola plastik berisi pasir dan diwarnai seperti bola pokemon. Dalam penelitian ini, peneliti melakukan pengamatan pembelajaran yang berlangsung selama 2 siklus.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik catatan lapang, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar tolak peluru dengan menggunakan bola pokemon siswa kelas V MI Hidayatul Mubtadiin Jati mengalami peningkatan diantaranya yaitu pada aspek psikomotorik dari 66,4 dengan ketuntasan 20% pada siklus I menjadi 79,7 dengan ketuntasan 86,6% pada siklus II. Pada aspek afektif dari 90,8 dengan ketuntasan 93,3% pada siklus I menjadi 94,1 dengan ketuntasan 96,7% pada siklus II. Pada aspek kognitif dari 82 dengan ketuntasan 80% pada siklus I menjadi 89,6 dengan ketuntasan 93,3% pada siklus II. Dengan rata-rata keseluruhan nilai skor akhir dari 72,7 dengan ketuntasan hasil belajar 26,7 pada siklus I menjadi 83,6 dengan nilai ketuntasan 96,7%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keterampilan tolak peluru modifikasi bola pokemon dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MI Hidayatul Mubtadiin Jati Kecamatan Tarokan Kabupaten Kediri.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-04

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI