HUBUNGAN ANTARA TINGGI BADAN, DAYA LEDAK OTOT TUNGKAI, DAN KEKUATAN OTOT LENGAN TERHADAP KEMAMPUAN SMASH PADA SISWA MAN 3 NGANJUK 2018 (Studi pada Siswa yang Mengikuti Ekstrakurikuler Bola Voli)


Author (Penulis)

RUDI SETIAWAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.09.0026

Abstract

Olahraga bola voli bukanlah merupakan suatu hal yang baru bagi masyarakat Indonesia, sekarang ini kita melihat bahwa permainan bola voli telah menjadi suatu cabang olah raga yang selalu ramai dipertandingkan untuk mencapai suatu prestasi. Dalam permainan bolavoli bahwa teknik adalah cara memainkan bola dengan efisien dan efektif sesuai dengan peraturan permainan bolavoli yang berlaku untuk mencapai hasil yang optimal. Bolavoli merupakan olahraga yang dimainkan oleh dua tim dalam satu lapangan yang dipisahkan oleh sebuah net.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara Tinggi Badan, Daya Ledak Otot Tungkai, dan Kekuatan Otot Lengan Terhadap Kemampuan Smash Pada Siswa MAN 3 Nganjuk Tahun 2018.

Pendekatan  penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, karena dalam penelitian ini terdapat beberapa kecenderungan karakteristik pendekatan kuantitatif., dan dianalisis menggunakan statistik untuk pengujian data menggunakan SPSS for windows v,20.

Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan signifikan antara tinggi badan memberikan sumbangan yang signifikan terhadap kemampuan smash bola voli. Sumbangan yang diperoleh sebesar 22,28%,  ada hubungan yang signifikan antara daya ledak otot tungkai dengan kemampuan smash cukup besar, yaitu sebesar 25,1%, dan ada ada hubungan yang signifikan antara kekuatan otot lengan dengan kemampuan smash sebesar 18,0%. Ternyata korelasi dari ketiga variabel bebas secara bersama-sama terhadap kemampuan smash bola voli sangat kuat, sumbangan yang diberikan ketiga variabel  bebas secara bersama-sama terhadap kemampuan smash bola voli sebesar 65,9%.


Keyword

Tinggi Badan, Daya Ledak Otot Tungkai, Kekuatan Otot Lengan, Smash Bola Voli

Reference

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Barbara, Viera L., M.S. & Bonnie Jill Ferguson, M.S. 2000. Bola Voli Tingkat Pemula. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Dieter, Beutelstahl. 2005. Belajar Bermain Bola Voli. Bandung: Pioner Jaya.

Harsono. 1988. Coaching dan Aspek-aspek Psikologis dalam Coaching. Bandung: Tambak Kusuma.


PUBLISHED

2019-02-13

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 01 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade