Peningkatan pembelajaran Menulis Puisi dengan Media Gambar Berseri pada Siswa Kelas V SD Nurul Islam Pare


Author (Penulis)

ELLIN KANTI DIANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.07.0109

Abstract

ABSTRAK Ellin Kanti Diana: Peningkatan Pembelajaran Menulis Puisi dengan Media Gambar Berseri pada Siswa Kelas V SDIT Nurul Islam Pare, Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2017, Pembimbing 1 Dr. Endang Waryanti, M.Pd Dan Pembimbing II Drs. Sardjono, M.M. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah deskripsi struktur puisi dengan media gambar seri yang di buat siswa dalam pelajaran bahasa Indonesia di SDIT Nurul Islam Pare? (2) Bagaimanakah teknik menulis puisi dengan media gambar seri yang di buat siswa di SDIT Nurul Islam Pare? (3) Bagaimana langkah pengajaran menulis dalam penggunaan media gambar seri di SDIT Nurul Islam Pare Prosedur penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus, langkah-langkah dalam setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan(planning), pelaksanaan tindakan(acting), pengamatan(observasing), dan refleksi(reflecting). Pada tahap observasi peneliti mengumpulkan data dengan melakukan pengamatan terhadap aktivitas siswa dalam proses pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan media gambar seri pada pelajaran Bahasa Indonesia. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa siswi kelas V SDIT Nurul Islam Pare berjumlah 30 siswa, dengan instrumen pengumpulan data dengan (1) penilaian berupa deskripsi teks hasil karya siswa, (2) dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran menulis puisi siswa kelas V SDIT Nurul Islam Pare meningkat dan siswa mempunyai motivasi untuk mengikuti pembelajaran. Berdasarkan simpulan hasil penelitian, direkomendasikan: (1) Tujuan pokok penggunaan media gambar seri adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis puisi. Oleh sebab itu guru sebagai pelaksana pembelajaran harus mengutamakan proses yang mendukung terciptanya suasana yang menarik dan kondusif agar peserta didik memiliki motivasi tinggi dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar. (2) Guru diharapkan bisa lebih variatif dalam memilih dan menggunakan media tertentu untuk pembelajaran menulis puisi. KATA KUNCI : Pembelajaran, Menulis, Puisi, Gambar Seri.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI