PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERPIDATO BERBASIS KOOPERATIF-STAD SISWA KELAS VIII SMP


Author (Penulis)

LAILATUL MUKHARROMAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.07.0108

Abstract

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERPIDATO BERBASIS KOOPERATIF-STAD SISWA KELAS VIII SMP Lailatul Mukharromah 12.1.01.07.0108 FKIP- PBSI Lailatulmukharromah779@gmail.com Dr. Sujarwoko, M.Pd. dan Marista Dwi Rahmayantis, M.Pd. UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI ABSTRAK Berpidato merupakan salah satu kompetensi dasar dari keterampilan berbicara yang terdapat dalam kurikulum untuk jenjang SMP. Hasil observasi di MTs Mujahidin Jatimulyo Kepung menunjukkan bahwa pengembangan keterampilan berpidato siswa belum maksimal. Oleh karena itu diperlukan upaya untuk mewujudkan proses keterampilan berpidato secara lebih baik. Upaya tersebut dapat dilakukan dengan cara penggunaan produk pendidikan seperti buku ajar yang menunjang pembelajaran. Pendekatan kooperaatif STAD dipilih karena dengan pendekatan tipe STAD diharapkan dapat membuat siswa lebih aktif dan saling memotivasi dalam hal memahami materi pelajaran. Bermula dari kondisi tersebut, penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menghasilkan bahan ajar berpidato berbasis kooperatif-STAD siswa kelas VIII SMP. Adapun masalah yang terdapat dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana deskripsi isi bahan ajar berpidato berbasis pendekatan kooperatif-STAD siswa kelas VIII SMP?; (2) bagaimana bahasa bahan ajar berpidato berbasis pendekatan kooperatif-STAD siswa kelas VIII SMP?; (3) dan bagaimana tampilan bahan ajar berpidato berbasis pendekatan kooperatif-STAD siswa kelas VIII SMP?. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan metode reseach and development (R&D) Sugiyono dengan sepuluh tahapan, yakni: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, validasi desain, dan produksi masal. Sumber data validasi bahan ajar adalah dosen ahli dari universitas nusantara PGRI kediri, guru bahasa Indonesia, dan siswa kelas VIII MTs Mujahidin Jatimulyo Kepung. Hasil kegiatan validasi pertama dilakukan oleh ahli materi terhadap materi pada bahan ajar. Analisis dari hasil validasi tersebut diperoleh rata-rata total 75% . Validasi berikutnya dilakukan oleh ahli pembelajaran, tampilan dan guru MTs Mujahidin Jatimulyo Kepung. Analisis dari segi isi diperoleh rata-rata 89%. Rata-rata total nilai untuk pengembangan media dari segi kelayakan bahasa adalah 88%, sedangkan kelayakan dari segi penyajian memperoleh nilai rata-rata 93%. Analisis selanjutnya diperoleh dari kegiatan uji coba lapangan terhadap siswa. Dari angket yang diberikan, bahan ajar dari segi isi mendapatkan nilai rata-rata 90,3%. Dari segi kelayakan bahasa memeroleh nilai rata-rata 93% sedangkan dari segi penyajian memeroleh nilai 91,4%. Dari hasil validasi di atas menunjukkan bahwa bahan ajar ini layak digunakan pada pembelajaran berpidato kelas VIII SMP. Kata Kunci : Berpidato, bahan ajar, pendekatan kooperatif-STAD.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI