Nilai Pendidikan Moral Dalam Novel Totto-Chan Karya Tetsuko Kuroyanagi


Author (Penulis)

YUSMADINI WAHYUDI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.07.0106

Abstract

ABSTRAK Yusmadini Wahyudi (12.1.01.07.0106): Nilai Pendidikan Moral dalam Novel Totto-Chan karya Tetsuko Kuroyanagi, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2016. Kata Kunci: Nilai Pendidikan Moral, Novel Totto-chan, Tetsuko Kuroyanagi. Karya sastra merupakan hasil rekaan atau khayalan yang didalamnya penuh dengan cerita berbagai masalah kehidupan manusia yang dialami para tokoh dan dan tidak sepenuhnya terjadi pada dunia nyata, terkadang hanya hasil rekaan. Salah satu bentuk sastra yang banyak dan relatif mudah diapresiasi pembaca adalah novel. Novel Totto-Chan karya Tetsuko Kuroyanagi merupakan salah satu novel yang menarik untuk diteliti. Dinyatakan menarik didasari pertimbangan bahwa pengarangnya adalah tokoh utama yang menjalani kisah di dalam novel tersebut. Novel ini dibuat dengan menceritakan pengalaman Totto-chan ketika masih berada di sekolah dasar, serta kekagumanya pada sosok kepala sekolah Sosaku Kobayashi. Pengalaman masa kecil Totto-chan saat itu terjadi ketika Perang masih belum terjadi. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah deskripsi struktural yang meliputi tema, penokohan dan perwatakan, konflik, dalam novel Totto-Chan karya Tetsuko Kuroyanagi? (2) Bagaimanakah deskripsi nilai moral dalam novel Totto-Chan karya Tetsuko Kuroyanagi yang mencakup a) mempertanggungjawabkan suara hati, b) sikap-sikap kepribadian moral yang kuat? Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat tema mayor dan minor. Tema mayor menggambarkan pendidikan moral yang diajarkan pada anak. Sedangkan tema minor yaitu ingin tahu, perhatian, percaya diri, sopan santun kepada orang tua, dan, teman akan selalu membantu satu sama lain.. Terdapat penokohan yang terbagi menjadi tokoh utama, pendamping, bawahan, figuran, dan bayangan; serta perwatakan bulaat dan datar; konflik eksternal dan internal. Unsur ekstrinsik yang ditekankan yaitu aspek moral yang terdapat dalam novel Totto-Chan karya Tetsuko Kuroyanagi meliputi 1) mempertanggung-jawabkan suara hati, terbagi menjadi dua kateori yaitu (a) Rasionalitas suara hati yang membahas tentang suara hati (masalah perasaan), (b) Mengambil keputusan yang di dalamnya membahas tiga aspek (sebelum mengambil keputusan, mengambil keputusan, suara hati ragu-ragu). Sikap-sikap kepribadian moral yang kuat. Dalam sikap-sikap kepribadian moral yang kuat terbagi menjadi tujuh meliputi, (a) kejujuran, (b) nilai-nilai otentik, (c) kesediaan untuk bertanggung jawab, (d) kemandirian moral, (e) keberanian moral, (f) kerendahan hati, (g) realistik dan kritis. Dengan demikian peneliti menyimpulkan bahwa Novel Totto-Chan karya Tetsuko Kuroyanagi mengandung aspek moral yang memiliki banyak pengertian yang menentukan hal-hal yang dianggap baik atau buruk dalam kehidupan manusia. Novel ini dapat menjadi motivasi bagi segenap lapisan masyarakat.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI