ANALISIS WACANA PERSUASI IKLAN ROKOK PADA TELEVISI SWASTA DI INDONESIA


Author (Penulis)

SEPTI DWI W.
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.07.0090

Abstract

ABSTRAK Wacana persuasi adalah wacana yang bertujuan mempengaruhi mitra tutur untuk melakukan tindakan sesuai dengan yang diharapkan penuturnya. Untuk mencapai tujuan tersebut wacana persuasi kadang mengunakan alasan-alasan yang tidak rasional. Contoh konkret jenis wacana persuasi yang paling sering dijumpai adalah wacana dalam kampanye dan iklan. Iklan merupakan bentuk suatu proses komunikasi yang mempunyai kekuatan yang sangat penting sebagai alat pemasaran yang membantu menjual barang, memberikan layanan serta gagasan atau ide-ide melalui saluran tertentu dalam bentuk informasi persuasif. Iklanmengandungdayainformasi dan persuasif harusmemilihkata-kata yang dimengertiolehkhalayak.Disampingmemilikidayainformasi dan persuasif, iklanjugamempunyaisifatkhas yang menjadikarakteristiknya, yaitusingkat, lancar, padat, sederhana, netral, danmenarik. Satu hal yang menarik untuk diteliti dari struktur dan register pada wacana persuasi iklan rokok pada televisi swasta di Indonesia karena iklan bersifat informasi dan persuasif,maka memungkinkan wacana iklan rokok terdapat wacana persuasi, seperti pada beberapa wacana iklan rokok di televisi. Masalah penelitian ini adalah wacana persuasi iklan rokok pada televisi swasta di Indonesia. Pertanyaan penelitian ini adalah (1) Bagaimana struktur iklan pada wacana persuasi iklan rokok pada televisi swasta di Indonesia? (2)Bagaimana register pada wacana persuasi iklan rokok pada televisi swasta di Indonesia? Dalam penelitian ini digunakan pendekatan teori analisis wacana dikarenakan penelitian ini membahas tentang makna dalam wacana iklan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan struktur dan register pada wacana persuasi iklan rokok. Data penelitian ini adalah wacana persuasi iklan rokok. Sedangkan sumber data pada penelitian ini adalah televisi dan youtube yang diambil melalui teknik rekam dan catat. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah diri peneliti sendiri dilengkapi dengan tabel data. Dalam penelitian ini terdapat tiga tahapan penelitian, yaitu (1) penelitian (2) pelaksanaan peneltian, dan (3) penulisan laporan. Penelitian ini dilaksanan selama enam bulan, yaitu Mei sampai November 2016 Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur dan register iklan rokok. Bentuk struktur iklan produsen rokok yang meliputi Gudang Garam, Djarum dan Sampoerna. Bagian awal iklan adalah bagian untuk membuat penonton tertarik akan iklan rokok sehingga melihat iklan rokok dan belum terdapat wacana persuasi. Bagian tubuh iklan yaitu bagian untuk membuat calon konsumen atau penonton penasaran akan alur cerita yang dibuat oleh produsen rokok dalam iklan sehingga penonton melihat iklan hingga akhir, namun belum terdapat wacana persuasi. Dibagian akhir ini adalah inti dari iklan rokok yaitu terdapat kalimat persuasi atau wacna persuasi untuk mempengaruhi calon pembeli. Bentuk register iklan produsen rokok yang meliputi Gudang Garam, Djarum dan Sampoerna. Medan ( field ) merujuk pada apa yang sedang terjadi, peristiwa yang dilakukan oleh para pelaku iklan untuk menarik penonton tetapi pada bagian ini belum menunjukkan wacana persuasi. Pelibat ( tenor) merujuk kepada orang yang terdapat pada iklan sebagai pendukung dan tidak menunjukkan wacana persuasi. Sarana ( mode) merujuk pada bagian ujaran yang disampaikan pada iklan rokok yang menunjukan pada kalimat pesan atau informasi dan persuasi atau membujuk, jadi pada sarana terdapat wacana persuasi.Berdasarkan hasil uraian simpulan di atas, maka peneliti dapat mengemukakan beberapa saran. Saran-saran berikut dapat dijadikan bahan masukan yang berguna dan diharapkan dapat digunakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya pembahasan tentang jenis wacana yaitu wacana persuasi pada iklan rokok di stasiun televisi swasta Indonesia.Bagi peneliti selanjutnya, peneliti menyarankan kepada peneliti-peneliti berikutnya untuk melakukan penelitian sejenis dengan mengambil pokok bahasan yang berbeda misalnya analisis wacana kritis karena masih banyak iklan-iklan yang bisa diteliti dalam kajian wacana selain wacan persuasi iklan rokok di televisi. KATA KUNCI :wacana persuasi, iklan rokok, televisi.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI