ALIH KODE DAN CAMPUR KODE DALAM IKLAN RADIO DI KABUPATEN TULUNGAGUNG


Author (Penulis)

SANDHI PRASETYAWAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.07.0089

Abstract

ABSTRAK Saat berinteraksi antar manusia akan didapati manusia yang mampu menguasai lebih dari satu bahasa dikenal dengan sebutan bilingual dan multilingual yang memungkinkan akan terjadinya peristiwa kebahasaan ragam informal alih kode dan campur kode. Alih kode adalah penggunaan bahasa lain atau variasi bahasa lain untuk menyesuaikan diri dengan peran atau situasi lain atau karena adanya partisipan lain. Sedangkan Campur kode adalah penggunaan satuan bahasa dari satu bahasa ke bahasa lain untuk memperluas gaya bahasa atau ragam bahasa, pemakaian kata, kata ulang, kelompok kata, klausa. Peristiwa-peristiwa kebahasaan tersebut dapat terjadi pada dialog karya sastra berbentuk iklan. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan alih kode yang akan dibahas adalah alih kode berwujud: alih kode metaforis, alih kode intern, dan alih kode ekstern. Sedangkan Campur kode yang akan dibahas meliputi penyisipan unsur-unsur yang berwujud: kata, kata ulang, kelompok kata, dan klausa. Untuk menjawab rumusan-rumusan masalah tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan Sosiolinguistik. Pendekatan Sosiolinguistik mengkaji penggunaan bahasa dalam konteks bermasyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Metode penelitian kualitatif merupakan prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan tentang sifat-sifat suatu individu, keadaan atau gejala dari kelompok tertentu yang dapat diamati. Sedangkan sebagai objek penelitian ini adalah iklan pada radio. Selain itu, jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif, yaitu jenis penelitian yang mendeskripsikan fakta-fakta keadaan dan kemudian paparkan penjelasannya. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik dokumen dan analisis data deskriptif kualitatif. Dokumen bisa berbentuk tulisan, gambar, atau karya-karya monumental dari seseorang. Berdasarkan analisis data dalam iklan radio di Kabupaten Tulungagung alih kode yang muncul dalam iklan radio di Kabupaten Tulungagung, yaitu alih kode metaforis, alih kode intern, alih kode ekstern. Alih kode yang sering muncul dalam iklan radio di Kabupaten Tulungagung berupa alih kode intern, yakni beralihnya tuturan bahasa Indonesia ke bahasa Jawa dengan jumlah data sebanyak 15. Ragam informal campur kode dalam iklan radio di Kabupaten Tulungagung berupa : penyisipan unsur berbentuk kata, penyisipan unsur berbentuk kata ulang, penyisipan unsur berbentuk kelompok kata, dan penyisipan unsur berbentuk klausa. Campur kode yang sering muncul dalam iklan radio di Kabupaten Tulungagung, yaitu berupa penyisipan unsur berbentuk kata dengan jumlah data sebanyak 34 kata. KATA KUNCI : alih kode, campur kode, iklan, radio

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI