AMBIGUITAS MAKNA PADA SLOGAN IKLAN KEBUTUHAN RUMAH TANGGA DAN MAKANAN DI TELEVISI


Author (Penulis)

MUHAMMAD RISKI ARDIANSYAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.07.0078

Abstract

ABSTRAK Muhammad Riski Ardiansyah 12.1.01.07.0078: Ambiguitas Makna pada Slogan Iklan Kebutuhan Rumah Tangga dan Makanan di Televisi, Skripsi, PBSI, FKIP UN PGRI Kediri 2017. Kata Kunci : ambiguitas makna, slogan iklan, televisi. Iklanmerupakansalahsatuwujudragambahasajurnalistikyaituragambahasayang digunakanolehinsankretif.Iklanmengandungdayainformatif danpersuasif yang secarakonsensusharusmemilih kata-kata yang dimengertiolehkhalayak.Disampingmemilikidayainformatifdan persuasif, iklanjugamempunyaisifatkhas yang menjadikarakteristiknya, yaitusingkat, lancar, padat, sederhana, netral, danmenarik. Masalah penelitian ini adalah ambiguitas makna pada slogan iklan kebutuhan-kebutuhan rumah tangga dan makanan di televisi. Pertanyaan penelitian ini adalah (1) Bagaimana bentuk slogan iklan kebutuhan-kebutuhan rumah tangga dan makanan di televisi yang mengandungambiguistasmakna. (2)Bagaimana deskripsi ambiguistasmakna yang terdapat dalam slogan iklan kebutuhan-kebutuhan rumah tangga dan makanan di televisi. Salah satu hal yang menarik untuk diteliti berkenaan dengan keambiguan pada slogan iklan di televisi. Karena iklan bersifatinformatifdan persuasif,maka memungkinkan slogan iklan mengandung ketaksaan atau ambiguitas makna, seperti pada beberapa slogan iklan kebutuhan-kebutuhan rumah tangga dan makanan di televisi. Penelitian ini menggunakan pendekatan semantik dikarenakan penelitian ini membahas tentang makna, sedangkan jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan ambiguitas makna pada slogan kebutuhan-kebutuhan rumah tangga dan makanan di televisi. Data penelitian ini adalah kalimat slogan iklan kebutuhan-kebutuhan rumah tangga dan makanan di televisi. Sedangkan sumber data pada penelitian ini adalah televisi dan youtube yang diambil melalui teknik rekam. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah diri peneliti sendiri dilengkapi dengan tabel data. Dalam penelitian ini terdapat tiga tahapan penelitian, yaitu (1) penelitian (2) pelaksanaan peneltian, dan (3) penulisan laporan. Penelitian ini dilaksanan selama enam bulan, yaitu Juni sampai November 2016 Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam slogan iklan kebutuhan-kebutuhan rumah tangga dan makanan di televisi ada yang mengandung ambiguitas makna. Ditemukan dua jenis ambiguatas makna padapada beberapa slogan iklan kebutuhan-kebutuhan rumah tangga dan makanan di televisi, yaitu (1) ambiguitas makna gramatikal, dan (2) ambiguitas makna fonetik. Ambiguitas makna gramatikal merupakan ambiguitas yang terjadi karena susunan kalimat yang kurang tepat, sedangkan ambiguitas makna fonetik terjadi karena faktor ujaran yang cepat. Berdasarkan uraian simpulan tersebut, dapat disampaikan saran yaitu bagi masyarakat perlu mengetahui bahwa slogan iklan di televisi ada yang mengandung ketaksaan atau ambiguitas makna, yang dapat menimbulkan penafsiran ganda. Oleh karena itu masyarakat ketika membaca suatu kalimat atau mendengarkan slogan iklan di televisi harus memahami makna kalimat dalam slogan agar dapat memahami dengan tepat maksud dari slogan iklan yang terdapat di televisi

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI