GAYA BAHASA PADA SLOGAN IKLAN PRODUK PT WINGS FOOD DI TELEVISI


Author (Penulis)

SRI RAHAYU
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.07.0035

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman penelitian bahwa bahasa yang digunakan dalam iklan diharapkan dapat dimengerti oleh konsumen dan dapat menarik perhatian mereka terhadap produk tersebut. Iklan sengaja dibuat dengan berbagai gaya yang menarik tanpa mengurangi keakuratan dan keunggulan dari produk tersebut. Inti dari bahasa iklan adalah unsur persuasif, yaitu bertujuan untuk mempengaruhi orang lain untuk menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan. Oleh karena itu, iklan mengunakan gaya bahasa sebagaisalah satu cara untuk menarik konsumen. Penelitian ini tidak difokuskan pada iklan secara keseluruhan, melainkan pada slogan untuk membatasi peneliti dalam permasalahan yang terdapat pada penelitian.Permasalahan penelitian ini adalah (1) apa saja gaya bahasa yang terdapat pada slogan iklan produk PT.Wings Food di televisi? (2) bagaimana makna semantik yang terkandung dalam gaya bahasa slogan iklan produk PT.Wings Food di televisi?. Penelitian ini diterapkan dua pendekatan. Pertama, pendekatan yang didasarkan pada materi yaitu semantik, karena penelitian ini meneliti makna atau arti dalam bahasa berupa gaya bahasa. Kedua, pendekatan yang didasarkan pada metodologi, yaitu pendekatan kualitatif. Salah satu ciri pendekatan kualitatif adalah bersifat deskriptif atau bisa disebut dengan cara mendeskripsikan, sehingga data yang terkumpul berupa kata-kata, dan bukan angka. Pada bagian pembahasan penelitian ini dipaparkan Pada bagian pembahasan akan dipaparkan (a) deskripsi setting/lokasi penelitian (b) deskripsi data hasil penelitian Gaya Bahasa Pada Slogan Iklan Produk PT Wings Food Di Televisi (1) deskripsi gaya bahasa pada slogan iklan produk PT Wings Food yang terdiri dari hiperbola, personifikasi, aliterasi, repetisi, sinekdoke, metafora, makna denotatif dan (2) deskripsi makna semantik yang terkandung pada slogan iklan produk PT Wings Food yang terdiri dari makna leksikal, gramatikal, referensial, non referensial, denotatif dan makna kias dan (c) interpretasi dan pembahasan. Penyusun iklan menggunakan gaya bahasa dengan tujuan untuk memperindah tulisan supaya menarik dan untuk menekankan pesan iklan supaya dapat diterima konsumen. Gaya bahasa hiperbola merupakan gaya bahasa yang banyak ditemukan pada penelitian ini. Hal tersebut dikarenakan bahwa penulis iklan ingin menonjolkan keistimewaan pada produk PT. Wings Food yang ditawarkan dengan menggunakan unsur-unsur berlebihan pada bahasa iklan tersebut dan ingin mendefinisikan suatu produk tersebut ke dalam suatu kalimat yang menarik melalui perbandingan langsung yang singkat. Kata Kunci: gaya bahasa, slogan iklan, produk PT.Wings Food, makna semantik.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-19

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 10 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI