INTERFERENSI BAHASA JAWA DALAM KARANGAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V MI YAA BUNAYYA DANDONG SRENGAT KABUPATEN BLITAR TAHUN AJARAN 2015-2016


Author (Penulis)

HENDRA BURHANUDIN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.07.0030

Abstract

ABSTRAK Hendra Burhanudin: Interferensi Bahasa Jawa dalam Karangan Bahasa Indonesia Siswa Kelas V MI Yaa Bunayya Dandong Srengat Kabupaten Blitar Tahun Ajaran 2015-2016, Skripsi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2017. Kata kunci: Interferensi, bahasa Jawa, karangan bahasa Indonesia, siswa kelas V MI. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masyarakat yang menguasai dua bahasa secara tidak berimbang kemungkinan besar melakukan interferensi. Maksudnya, seseorang yang tingkat penguasaan bahasa pertamanya lebih dominan dari bahasa keduanya kemungkinan dalam bertutur maupun menulis tanpa sengaja membuat kekacauan. Kebiasaan berbahasa pertamanya terbawa dalam bahasa keduanya. Struktur bahasa pertama mempengaruhi bahasa keduanya. Kekacauan atau kesalahan seperti ini sering muncul pada para pembelajar bahasa kedua. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah bentuk interferensi leksikal bahasa Jawa dalam karangan bahasa Indonesia siswa kelas V MI Yaa Bunayya Dandong Srengat Kabupaten Blitar tahun ajaran 2015-2016? (2) Bagaimanakah bentuk interferensi gramatikal yang meliputi: afiksasi dan reduplikasi bahasa Jawa dalam karangan bahasa Indonesia siswa kelas V MI Yaa Bunayya Dandong Srengat Kabupaten Blitar tahun ajaran 2015-2016? Penelitian ini menggunakan rancangan deskripsi dan jenis penelitian yang digunakan penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah karangan bahasa Indonesia siswa kelas V MI Yaa Bunayya Dandong Srengat Kabupaten Blitar. Metode pengumpulan data dengan memberikan penugasan menulis karangan bahasa Indonesia. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri (Human Instrument) dan instrumen pendukung berupa kartu data. Proses analisis data terdiri dari pengidentifikasian data, melakukan pengodean data, mengklasifikasikan data, mendeskripsikan data, dan interpretasi data yang telah diperoleh. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian ini mendeskripsikan secara objektif interferensi leksikal dan gramatikal dari bahasa Jawa dalam karangan bahasa Indonesia siswa kelas V MI Yaa Bunayya Dandong Srengat Kabupaten Blitar tahun ajaran 2015-2016. Interferensi leksikal bahasa jawa dalam karangan bahasa Indonesia. Interferensi gramatikal kajian morfologi, lebih khusus afiksasi dan reduplikasi bahasa Jawa dalam karangan bahasa Indonesia siswa kelas V MI Yaa Bunayya Dandong Srengat Kabupaten Blitar tahun ajaran 2015-2016. Berdasarkan uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa siswa kelas V MI Yaa Bunayya melakukan interferensi berbahasa yang meliputi interferensi leksikal kata benda, kata kerja, kata keterangan, dan kata sifat. Interferensi gramatikal morfologi bidang afiksasi dan reduplikasi. Interferensi afiksasi dalam penelitian ini terjadi pada prefiks: ber- dan me-, sufiks: -an, konfiks: ke-an. Interfensi reduplikasi terjadi pada kajian dwilingga dan dwilingga bersufiks –an.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-10

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI