DIKSI DAN GAYA BAHASA IKLAN PRODUK UNILEVER DAN KALBE FARMA DI TELEVISI NASIONAL


Author (Penulis)

ENI JAUHAROTUNNISAK
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.07.0022

Abstract

ABSTRAK Latar Belakang masalah penelitian ini yaitu untuk menghasilkan iklan yang baik dan menarik tentu harus memperhatikan pilihan kata dan gaya bahasa.Pilihan kata yang tepat dan gaya bahasa yang menarik nantinya akan dapat dengan mudah menarik peminat televisi sehingga mereka ingin memilikinya.Dari uraian tersebut, penelitian ini mengambil judul “Diksi dan Gaya Bahasa Iklan Produk Unilever dan Kalbe Farma di Televisi Nasional.”Penelitian ini memfokuskan permasalahan pada (1) ketepatan dan kesesuaian diksi iklan produk Unilever dan Kalbe Farma di Televisi Nasional (2) jenis gaya bahasa dan fungsi gaya bahasa iklan produk Unilever dan Kalbe Farma di Televisi Nasional. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan ketepatan diksi iklan produk Unilever dan Kalbe Farma di Televisi Nasional melipti kata umum dan kata khusus, kata baku dan tidak baku, kata abstrak dan kata konkret, kata populer dan kata ilmiah, kata biasa dan kata sastra, dan kata deiktis. (2) mendeskripsikan kesesuaian diksi iklan produk Unilever dan Kalbe Farma di Televisi Nasional melipti kata umum dan kata khusus, kata baku dan tidak baku, kata abstrak dan kata konkret, kata populer dan kata ilmiah, kata biasa dan kata sastra, dan kata deiktis.3) mendeskripsikan jenis gaya bahasa iklan produk Unilever dan Kalbe Farma di Televisi Nasional, dan (4) mendeskripsikan fungsi gaya bahasa iklan produk Unilever dan Kalbe Farma di Televisi Naasional. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yang mendeskripsikan ketepatan dan kesesuaian diksi, jenis gaya bahasa, dan fungsi gaya bahasa. Data dalam penelitian ini berupa potongan teks yang mengandung diksi dan gaya bahasa. Sumber penelitian ini adalah tayangan iklan di Televisi Nasional yaitu Transtv dan Trans7.Metode yang digunakan dalam pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode simak dan catat. Penelitian ini menggunakan pendekatan pragmatik yaitu penggunaan bahasa oleh seseorang atau masyarakat untuk mengungkapkan makna sesuai dengan konteksnya. Data dalam penelitian ini berupa potongan teks diksi dan gaya bahasa iklan produk Unilever dan Kalbe Farma di Televisi Nasional. Data dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif yang bersifat induktif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa ketepatan diksi iklan produk Unilever dan Kalbe Farma dapat dilihat melalui penggunaan beberapa macam kata dengan memperhatikan syarat ketepatan diksi.Kata yang digunakan diantaranya (1) kata umum dan kata khusus (2) kata populer dan kata ilmiah (3) kata abstrak dan kata konkret (4) kata baku dan tidak baku dan (5) kata deiktis. Kesesuaian diksi iklan produk Unilever dan Kalbe Farma yaitu sama-sama menggunakan bahasa standar,substandar, kata percakapan, karena iklan tersebut tidak bersifat formal, iklan produk Unilever dan Kalbe Farma dapat dilihat oleh semua kalangan, baik dari kalangan atas sampai kalangan bawah.Jenis gaya bahasa berdasarkan langsung tidaknya makna yang digunakan oleh iklan produk Unilever adalah (1) gaya bahasa personifikasi (2) gaya bahasa aliterasi (3) gaya bahasa asnonansi (4) gaya bahasa pertanyaan retoris (5) gaya bahasa metonimia dan (6) gaya bahasa hiperbola, sedangkan iklan produk Kalbe Farma menggunakan jenis gaya bahasa (1) gaya bahasa metonimia (2) gaya bahasa pertanyaan retoris, dan (3) gaya bahasa hiperbola. Iklan produk Unilever dan Kalbe Farma lebih banyak menggunakan gaya bahasa metonimia. Fungsi gaya bahasa yang digunakan iklan produk Unilever dan Kalbe Farma adalah (1) sebagai pemikat atau penarik (2) sebagai informasi dan (3) sebagai penekanan dan keindahan. KATA KUNCI : diksi,gaya bahasa,iklan produk unilever dan kalbe farma

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI