KAJIAN SEMIOTIK PADA IKLAN LAYANAN MASYARAKAT DI KOTA KEDIRI


Author (Penulis)

DEWI MASRIKAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.07.0016

Abstract

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi saat ini membuat keberadaan iklan sebagai sarana dalam mempromosikan barang dan jasa menjadi sangat diperhitungkan. Hal ini ditunjukkan dengan semakin beragamnya tampilan iklan yang terdapat pada media, baik media elektronik maupun media cetak, yang dibuat dengan bentuk dan tampilan yang sangat kreatif, atraktif, dan tentunya persuasif. Dalam iklan, bahasa tidak hanya ditempatkan sebagai alat penyampai pesan dalam bentuk sederhana, tetapi telah diberdayakan untuk menyampaikan pesan yang efektif untuk membangkitkan emosi khalayak sasaran dalam membuat keputusan dan memilih kebutuhan konsumsi mereka. Bahasa dalam kondisi yang demikian telah ditempatkan sebagai unsur yang menentukan sebagai akibat perkembangan referen iklan, khalayak sasaran, dan persaingan pasar yang semakin ketat sehingga masing-masing pelaku pasar berusaha untuk menguasai segmen pasar dengan berbagai strategi komersialnya. Penelitian ini memiliki tujuan (1) secara umum penelitian ini untuk mengkaji serta mendokumentasikan penggunaan bahasa dalam iklan layanan masyarakat, (2) tujuan khusus yaitu (a) mendeskripsikan struktur mikro teks verbal yang terdapat pada iklan layanan masyarakat (ILM) di kota Kediri yang merupakan data dari penelitian ini serta, (b) mendeskripsikan makna tada verbal dan nonverbal yang terkandung dalam teks iklan layanan masyarakat (ILM) di kota Kediri. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian ada dua yaitu pendekatan materi dan pendekatan metodologi, pendekatan materi dalam penelitian ini yaitu pendekatan materi semiotik dan pendekatan metodologi yang digunakan pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif yaitu pendekatan yang dilakukan semata-mata hanya berdasarkan fakta yang ada. Fakta itu berupa iklan layanan masyarakat yang berada di kota Kediri di analisis guna untuk mendapatkan data penggunaan tanda pada iklan layanan masyarakat tersebut. Penelitian ini adalah penelitian yang bersifat kualitatif-interpretatif. Data kualitatif yang lebih merupakan wujud kata-kata daripada deretan angka-angka senantiasa menjadi bahan utama bagi ilmu-ilmu sosial tertentu, terutama dalam bidang antropologi, sejarah, kebahasaan, dan ilmu politik. Hasil dari penelitian kajian semiotik iklan layanan masyarakat di kota Kediri meliputi (1) Struktur teks verbal yang terdapat pada iklan layanan masyarakat yang dianalisis melalui analisis struktur mikro yang diperoleh dalam teks verbal iklan layanan masyarakat. Berdasarkan unsur sintaksisnya yang meliputi bentuk kalimat dan kohesi gramatikal dan leksikal, pada teks verbal iklan layanan masyarakat bentuk kalimat umumnya berupa kalimat aktif yang meliputi kalimat imperatif aktif, interogatif aktif, dan deklaratif aktif. Kohesi gramatikal meliputi beberapa proses yang terjadi pada teks verbal yaitu proses pelesapan dan proses perangkaian, (2) Makna yang terkandung pada masing-masing iklan layanan masyarakat di kota Kediri tidaklah sama. Hal ini bergantung pada tampilan iklan yang terdiri atas penanda verbal dan penanda nonverbal. Kedua penanda tersebut saling mendukung satu sama lain dalam memberi makna pada iklan layanan masyarakat dan ideologi yang merupakan ide atau pokok pikiran dari sebuah iklan, umumnya disesuaikan dengan visi dan misi dari pihak produsen iklan. KATA KUNCI :Semiotik, iklan layanan masyarakat.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-19

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 10 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI