Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Kumpulan Cerpen


Author (Penulis)

DESY EKA HARIANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.07.0014

Abstract

ABSTRAK DESY EKA HARIANI: Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Kumpulan Cerpen “BH” Karya Emha Ainun Nadjib, Skripsi, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, PBSI, FKIP, UN PGRI Kediri, 2016. Penelitian ini dilatarbelakangi menurunnya nilai-nilai karakter luhur bangsa dan krisis multidimensi bangsa Indonesia. Kemajuan IPTEK di negeri yang tidak diimbangi dengan penguatan pendidikan moral dan pendidikan karakter dapat menjadi salah satu penyebab menurunnya karakter luhur bangsa, terutama pada generi muda bangsa Indonesia. Pendidikan karakter melalui karya sastra akan lebih mudah diterima dan diterapkan oleh pembacanya daripada pendidikan karakter secara khusus di lembaga pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang berkaitan dengan Tuhan Yang Maha Esa (religius), diri sendiri, dan sesama (sosial) dalam kumpulan cerpen “BH” karya Emha Ainun Nadjib, (2) mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang berkaitan dengan lingkungan dan nilai kebangsaan dalam kumpulan cerpen “BH” karya Emha Ainun Nadjib. Penelitian ini tergolong penelitian kualitatif non interaktif (non interactive inquiry). Data dan informasi dikumpulkan dalam kartu data dengantekniksimakcatat. Validasi data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber, triangulasi metode, dan triangulasi teori, kemudian dilanjutkan diskusi dengan teman sejawat untuk mengetahui keabsahan data. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah: (1) nilai-nilai pendidikan karakter yang berkaiatandenganTuhan YME, dirisendiri, dansesama (sosial) yaitu: religius terdapat dalam cerpen Padang Kurusetra, Ambang, Podium, dan BH; jujur dalam cerpen Padang Kusutra; mandiri dalam cerpen Sembilan Putra-putri Anugerah Tuhanku; tanggung jawab dalam cerpen Sembilan Putra-putri Anugerah Tuhanku dan Podium; dan cinta ilmu dalam cerpen Podium; peduli sosial dalam cerpen Sembilan Putra-putri Anugerah Tuhanku; demokratis dalam cerpen Ambang, menghargai prestasi dalam cerpen Podium; serta santun/ bersahabat dalam cerpen BH; (2) nilai-nilai pendidikan karakter yang berkaitan dengan lingkungan dan nilai kebangsaan, yaitu: toleransi dalam cerpen Podium; nasionalis dalam cerpen Padang Kurusetra; semangat kebangsaan dalam cerpen Ambang; dan cinta damai dalam cerpen Padang Kurusetra. Kata kunci: cerpen, pendidikan karakter, ekstrinsik cerpen, sastra..

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-10

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI