KEMAMPUAN MENULIS PENGALAMAN PRIBADI YANG INSPIRATIF SISWA KELAS VII MTS DARUL HIKMAH NGANCAR TAHUN AJARAN 2016-2017


Author (Penulis)

AMIN ISTRIANANIK
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.07.0005

Abstract

Abstrak Penelitian ini didasari hasil pengamatan peneliti bahwa masih terdapat masalah bahasa pada penyusunan kalimat siswa kelas VII MTs Darul Hikmah Ngancar.Masalah tersebut terjadi karena siswa belum memahami kaidah bahasa, selain itu juga karena terpengaruh bahasa daerah.Siswa cenderung memakai pilihan kata yang sering mereka dengar meskipun di dalam pembelajaran menulis. Masalah penelitian ini adalah: Bagaimanakah kemampuan pemilihan kata atau diksi karangan pengalaman pribadi yang inspiratifsiswa kelas VII MTs Darul Hikmah Ngancar Tahun Ajaran 2016/2017? Bagaimanakah kemampuan mengorganisasi paragraf (kepaduan dan kesatuan) karangan pengalaman pribadi yang inspiratif siswa kelas VII MTs Darul Hikmah Ngancar Tahun ajaran 2016/2017?Bagaimanakah kemampuan menulis pengalaman pribadi yang inspiratif si swa kelas VII MTs Darul Hikmah Ngancar Tahun ajaran 2016/2017? Kesimpulan hasil penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Darul Hikmah Ngancar masih belum memahami kaidah bahasa hal tersebut dapat dilihat dari masalah-masalah bahasa yang paling sering timbul yaitu pemilihan kata/diksi, mengorganisasi paragraf (kepaduan dan kesatuan), menulis pengalaman pribadi yang inspiratif. Selain kurangnya pengetahuan tentang kaidah bahasa, masalah bahasa timbul disebabkan oleh pengaruh bahasa daerah dan kekurangcermatan dalam memilih kata. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan objek penelitian cerita naratif siswa kelas VII MTs Darul Hikmah Ngancar.Penelitian ini menggunakan metode simak dengan teknik dasar sadap dilanjutkan teknik simak bebas libat cakap.Instrumen yang digunakan adalah diri peneliti dan kartu data. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan masalah-masalah bahasa meliputi (1) pemilihan kata/diksi (2) mengorganisasi paragraf (kepaduan dan kesatuan) (3) menulis pengalaman pribadi yang inspiratif. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan sebagai siswa tingkat MTs dapat menggunakan kaidah bahasa dengan benar. Penulisan bahasa Indonesia dengan baik dan benar akan mudah dipahami sehingga, tujuan penulis dapat dipahami dan dimengerti oleh pembaca. KATA KUNCI : Kata kunci: menulis, pengalaman pribadi, inspiratif

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI