KESALAHAN BERBAHASA INDONESIA MAHASISWA PPL (PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN) PRODI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA TAHUN AKADEMIK 2016/2017


Author (Penulis)

AGUNG PRASETYO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.07.0002

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta bahwa perserta PPL sering melakukan kesalahan berbahasa. Sebagai calon guru dan model bagi siswa, setidaknya memiliki kemampuan berbahasa yang baik. Analisis taksonomi siasat permukaaan atau strategi performansi merupakan salah satu cara mendeskripsikan bentuk kesalahan berbahasa yang meliputi, kesalahan penghilangan, kesalahan penambahan, kesalahan formasi, dan kesalahan susun. Berdasarkan latar belakang, permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah kesalahan penanggalan (omission) pada Mahasiswa PPL Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia? (2) Bagaimanakah kesalahan penambahan (addition) pada Mahasiswa PPL Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia? (3) Bagaimanakah kesalahan bentukan (misformation) pada Mahasiswa PPL Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia? (4) Bagaimanakah kesalahan susunan (misordering) pada Mahasiswa PPL Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia? Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk kelasahan yang terdapat pada rumusan tersebut. Penelitian ini menggunakan rancangan deskripsi dan jenis penelitian yang digunakan penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah peristiwa tutur dalam PPL 1 (micro teaching) mahasiswa PBSI Universitas Nusantara PGRI Kediri, sedangkan data dalam penelitian ini adalah tuturan mahasiswa PBSI yang berperan sebagai guru. Metode pengumpulan data menggunakan teknik rekam yang dilanjutkan dengan transkripsi data. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri (Human Instrument) dan instrumen pendukung berupa tabel data. Prosesanalisis data terdiri dari pengidentifikasian data, melakukan pengodean data, mengklasifikasikan data, mendeskripsikan data, dan interpretasi data yang telah diperoleh. Hasil dan pembahasan penelitian ini mendeskripsikan bentuk kesalahan berbahasa pada PPL 1 (micro teaching) mahasiswa PBSI. Kesalahan tersebut meliputi empat klasifikasi analisis taksonomi siasat permukaan atau strategi performansi. Kesalahan penghilangan yang meliputi penghilangan konjungsi. Penghilangan pada kalimat tersebut menjadikan tidak tersampaikannya makna secara jelas kepada peserta PPL 1. Kesalahan penambahan meliputi penambahan kojungsi, kata pronomina penunjuk umum, dan kata pronomina persona yang menjadikan kaburnya makna kalimat sehingga peserta PPL 1 (micro teaching) sulit memahami tuturan kalimat yang disampaikan. Kesalahan formasi meliputi ketidaktepatan penggunaan konjungsi, adanya pola kalimat yang terinterferensi, dan penggunaan kalimat yang berbelit sehingga menjadikan suatu kalimat kurang tepat digunakan dalam PPL 1 (micro teaching). Kesalahan susunan lebih banyak ditemukan pada susunan kalimat yang berbelit-belit sehingga pola dan makna kalimat sulit dipahami. Kesalahan tersebut menyebabkan kalimat yang disampaikan menjadi sulit dipahami maknanya oleh peserta PPL 1 (micro teaching). KATA KUNCI : Kesalahan, Berbahasa, Mahasiswa PBSI, PPL

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI