PENERAPAN MODEL GI DI PADU NHT UNTUK MENINGKATKAN ARGUMENTASI ILMIAH, METAKOGNISI DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS X - U IIS 2 DI MAN TULUNGAGUNG 1
Author (Penulis)
USWATHUN NUR BAITHIN
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.06.0081
Abstract
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembelajaran GI dipadu dengan model pembelajaran NHT dapat meningkatkan argumentasi ilmiah, keterampilan metakognisi, dan pemahaman konsep siswa. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis & Taggart dengan subyek penelitian siswa kelas X-U IIS 2 di MAN Tulungagung 1. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan menggunakan instrument berupa silabus, RPP, LKS, bahan ajar, dan soal evaluasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, posttest, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah argumentasi ilmiah siswa siklus 1 yaitu terdapat 8 siswa dengan kriteria kurang sekali, 4 siswa dengan kriteria kurang, 7 siswa dengan kriteria berkembang, dan 3 siswa dengan kriteria baik, siklus 2 mengalami peningkatan yaitu terdapat 14 siswa dengan kriteria berkembang dan 8 siswa dengan kriteria baik. Perolehan skor metakognisi pada siklus 1 yaitu terdapat 11 siswa dengan kriteria kurang sekali, 3 siswa dengan kriteria kurang, 7 siswa dengan kriteria berkembang, dan 1 siswa dengan kriteria baik, siklus 2 mengalami peningkatan yaitu terdapat 7 siswa dengan kriteria kurang, 7 siswa dengan kriteria berkembang dan 8 siswa dengan kriteria baik. Sedangkan ketuntasan minimal pada pra peneitian guru menggunakan KKM 75. Ketuntasan belajar individu pada siklus 1 yaitu terdapat 8 siswa yang tuntas dan 14 siswa yang belum tuntas, siklus 2 mengalami peningkatan yaitu terdapat 17 siswa yang tuntas dan 5 siswa yang belum tuntas. Ketuntasan klasikal pada siklus 1 yaitu sebesar 36% dan mengalami peningkatan pada siklus 2 sebesar 77%.
KATA KUNCI : Argumentasi Ilmiah, Group Investigastion, Keterampilan Metakognisi, Number Heads Together, Pemahaman Konsep.