PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI “ATLAS INVERTEBRATA” UNTUK SISWA KELAS X SMA PAWYATAN DAHA KEDIRI


Author (Penulis)

PUJI LESTARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.06.0069

Abstract

ABSTRAK Media pemebelajaran merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari proses belajar mengajar demi tercapainnya tujuan pendidikan pada umumnya dan tujuan pembelajaran di sekolah pada khususnya. Permasalahan yang ada di kelas X SMA Pawyatan Daha Kediri adalah kurangnya pemahaman siswa pada materi invertebrata dan belum adanya media yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan siswa sehingga membuat siswa merasa kurang tertarik dalam mempelajari materi yang pada akhirnya berdampak pada hasil belajar yang kurang. Buku-buku invertebrata yang ada masih banyak memuat gambar-gambar hitam putih dan kurang lengkap. Oleh karena itu, sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan siswa dalam belajar memahami materi invertebrata maka dikembangkan media Atlas Invertebrata. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran biologi Atlas Invertebrata yang valid sehingga layak digunakan oleh siswa kelas X dan mengetahui respon siswa terkait media Atlas Invertebrata. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi 5 tahap yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation, namun pada penelitian ini hanya sampai pada tahap development saja. Instrumen penelitian menggunakan metode wawancara, angket dan test. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa komentar dan saran perbaikan produk dari ahli materi dan bahasa, ahli media, praktisi, dan siswa, serta terdapat validasi uji keterbacaan oleh ahli materi dan bahasa. Data kuantitatif adalah data skor penilaian ahli materi dan bahasa, ahli media pembelajaran dan praktisi dan hasil uji coba kelompok kecil yaitu angket respon siswa dan post test. Hasil penelitian menunjukan bahwa Atlas Invertebrata valid dan baik sehingga layak digunakan dan diterapkan untuk pembelajaran di sekolah. Hal ini dapat dilihat dari hasil validasi ahli materi dan bahasa sebesar 84.38 %, ahli media sebesar 96.03 %, ahli praktisi sebesar 88.98 % menunjukkan bahwa media valid dan melihat dari hasil post test bahwa siswa dapat memahami materi dengan baik, serta respon siswa positif rata-rata sebesar 82.1%. Atlas Invertebrata ini diharapkan dapat membantu siswa dalam memahami dan menyerap materi yang disampaikan pada pembelajaran invertebrata di sekolah KATA KUNCI : Atlas Invertebrata, respon siswa, validasi ahli.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-11

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI