PENGEMBANGAN MODUL INVERTEBRATA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING DI MAN 3 KOTA KEDIRI


Author (Penulis)

PRILLY PUSPITASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.06.0068

Abstract

ABSTRAK Suatu pembelajaran memerlukan bahan ajar sebagai media pembelajaran yang memudahkan peserta didik untuk memahami materi pembelajaran dan juga sebagai panduan bagi guru untuk menyampaikan materi demi tercapainya tujuan pembelajaran di sekolah. Permasalahan yang ada di kelas X MAN 3 Kota Kediri adalah kurangnya pemahaman siswa pada materi invertebrata dan belum adanya bahan ajar yang menarik yang sesuai dengan kebutuhan siswa, sehingga belum mampu menarik minat siswa dalam mempelajari materi dan pada akhirnya berdampak pada hasil belajar yang kurang memuaskan. Buku-buku penunjang untuk materi invertebrata yang digunakan oleh siswa hanya memuat banyak penjelasan dan tidak disertai dengan contoh gambar serta sarana dan prasarana yang ada di laboratorium yang masih kurang mendukung untuk proses pembelajaran invertebrata. Oleh karena itu, sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan siswa dalam memahami materi invertebrata maka dikembangkan Modul Invertebrata berbasis inkuiri terbimbing. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan Modul Invertebrata berbasis inkuiri terbimbing untuk siswa SMA/MA kelas X yang valid berdasarkan hasil validasi ahli sehingga layak untuk digunakan sebagai bahan ajar dan mengetahui respon siswa terkait Modul Invertebrata berbasis inkuiri terbimbing. Pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi 5 tahap yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation, namun penelitian ini hanya sampai pada tahap development saja. Instrumen penelitian menggunakan metode wawancara, angket, dan tes. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa komentar dan saran perbaikan dari ahli materi dan bahasa, ahli media, praktisi, dan siswa, serta terdapat validasi uji keterbacaan oleh ahli materi dan bahasa. Data kuantitatif adalah data skor penilaian dari ahli materi dan bahasa, ahli media, dan praktisi serta hasil uji coba kelompok kecil yaitu angket respon siswa dan post test.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Modul Invertebrata valid dan baik sehingga layak digunakan dan diterapkan untuk pembelajaran di sekolah. Hal ini dapat dilihat dari hasil validasi ahli materi dan bahasa sebesar 97,98 %, ahli media sebesar 85,63 %, dan praktisi sebesar 89,25 % menunjukkan bahan ajar valid dan melihat dari respon siswa positif rata-rata sebesar 97,35 %. Modul Invertebrata berbasis inkuiri terbimbing ini diharapkan mampu meningkatkan pemahaman dan motivasi belajar siswa dalam mempelajari materi invertebrata di sekolah. KATA KUNCI :Modul Invertebrata, inkuiri terbimbing, respon siswa, validasi ahli.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-24

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 01 No. 03 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI