Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Berbasis Lesson Study (LS) untuk meningkatkan Berfikir Kritis, Keterampilan Metakognisi, dan Keterampilan Argumentasi Ilmiah Siswa Kelas VII-E MTs N Kanigoro pada Materi Sirkulasi Darah


Author (Penulis)

NI'MA NASTIANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.06.0062

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berfikir kritis, keterampilan metakognisi, dan keterampilan argumentasi ilmiah siswa kelas VIII-E tahun ajaran 2016/2017 MTs N Kanigoro pada materi sirkulasi darah dengan penerapan model pembelajaran Think-Pair-Share berbasis Lesson Study. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII-E MTs N Kanigoro yang berjumlah 25 siswa dan terdapat 1 siswa absen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi kelas dan post test diakhir pembelajaran. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan berfikir kritis, keterampilan metakognisi, dan keterampilan argumentasi ilmiah siswa bagus. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya presentase peningkatan kemampuan tersebut dari siklus I ke siklus II yaitu, kemampuan berfikir kritis dari 62,29% menjadi 78,75%, keterampilan metakognisi dari 54,72% menjadi 75,38%, dan keterampilan argumentasi ilmiah dari 60,00% menjadi 78,00%.

 

Kata Kunci : berfikir kritis, keterampilan argumentasi ilmiah, keterampilan metakognisi, Lesson Study,  Think-Pair-Share.


Keyword

argumentasi ilmiah, berfikir kritis, Lesson Study, metakognisi, Think-Pair-Share.

Reference

Boleng, D.T. 2015. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Think-Pair-Share Terhadap Keterampilan Berfikir Kritis, Hasil Belajar Kognitif Bakteriologi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Mulawarman. Seminar Nasional XII Pendidikan Biologi FKIP UNS, 12 (1) ISBN : 978 602 7387 409

Fatcha, A.R.N., dan Sugiarto, B. 2016. Melatih Keterampilan Metakognitif Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Ithink-Pair-Share (TPS) pada Materi Larutan Penyangga Kelas XI SMA Negeri Kesamben. Unesa Journal of Chemical Education , 5(2) : 434-442

Krisnawan. 2010. Penerapan Lesson Study dalam Pembentukan yang Berkarakter. Surakarta : FKIP Universitas Sebelas Maret (skripsi).

Murtadho, Fathiaty. 2013. Berfikir Kritis dan Strategi Metakognisi : Alternatif Sarana Pengoptimalan Latihan Menulis Argumentasi. 2nd International Seminar on Quality and Affordoble Education (ESQAE 2013). Johor, 7-10 Oktober

Pranita, H.S., Indriwati, S.E. dan Susilo, H. 2016. Penerapan Think Pair Share Berbasis Lesson Study untuk Meningkatkan Berfikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif Kelas SBM-C Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Malang. Makalah disajikan dalam Prosiding Seminar Nasional II kerjasama Prodi Pendidikan Bilogi FKIP dengan Pusat Studi Lingkungan dan Kependudukan (PSLK) UMM, Malang 26 Maret.

Probosari, M.P., Ramli, M., Harlita., Indrowati, M. dan Sajidan. 2016. Profil Keterampilan Argumentasi Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP UNS pada Mata Kuliah Anatomi Tumbuhan. BIOEDUKASI,  9 (1) : 29-33

Santoso, A.M. 2015. Keterampilan Argumentasi Ilmiah Menu njukkan Struktur Kognitif Peserta Didik : Kajian Awal Hasil Studi Kasus. Workshop Pengembangan Penilaian Berbasis Project Berorientasi Kecakapan Abad 21, Kediri, 4 Juli.

Zubaidah, S., Corebima, A.D. dan Mistianah.  2015. Asesmen Berfikir Kritis Terintegrasi Tes Essay. Symposium on Biology Education : 200-213

 

 


PUBLISHED

2019-02-18

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 04 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade