PENGARUH PENGGUNAAN METODE SQR3 (SURVEY-QUESTION-READ-RECITED-REVIEW) TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMPULKAN MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS VII MTS SUNAN GUNUNG JATI TAHUN 2018/2019


Author (Penulis)

NANING SUGI ARTUTIK
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.06.0061

Abstract

ABSTRAK

Dunia pendidikan sering kali memunculkan masalah lemahnya proses pembelajaran disebabkan karena, siswa kurang di dorong untuk mengembangkan kemampuan berfikir, proses pembelajaran di kelas hanya mengarahkan siswa untuk menyimpulkan informasi, siswa dipaksa untuk mengingat dan menimbun berbagai informasi tanpa dituntut untuk memahami informasi yang diingatnya itu untuk menghubungkan dengan kehidupan sehari-hari. Permasalahan yang muncul adalah “Kurangnya ketrampilan membaca dalam menyimpulkan pencemaran lingkungan pada siswa kelas VII MTS Sunan Gunung Jati”. Penggunaan metode pembelajaran dalam pembelajaran dapat berpengaruh bagi siswa agar mencapai tujuan pembelajaran yang efektif dan aktif.

Tujuan penelitianiniadalahuntuk mengetahui kemampuan siswa sebelum dan setelah menggunakan metode SQR3 (Survey, Question, Read, Recite, dan Review).Metodeyang digunakanadalahPenelitianEksperimen dengansubyekpenelitiansiswakelasVII A dan VII B MTsSunanGunungJati. Instrument yang digunakanberupalembarpenilaiankemampuan menyimpulkan dansoalevaluasi.

Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah metode observasi, metode tes dan metode dokumentasi. Teknikanalisis data menggunakanujipaired sampel t test, ketuntasanklasikal, danindependent sampel t

Hasilpenelitianiniadalahterdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan metode SQR3 terhadap kemampuan menyimpulkan materi pencemaran lingkungan dengan Signifikan (2-tailed) sebesar 0,000.Terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan metode pembelajaran SQR3 pada kemampuan menyimpulkan pencemaran lingkungan pada kelas VII MTS Sunan Gunung Jati Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri, tahun pelajaran 2018/2019 dengan koefesien pengaruh sebesar 38,37%.

KATA KUNCI :SQR3, Kemampuan menyimpulkan, Pencemaran lingkungan, Hasil belajar siswa.


Keyword

Metode SQR3, Kemampuan Menyimpulkan,Pencemaran Lingkungan

Reference

Annisa, Imaniar Zeety. 2013. Peningkatan Aktivitas dan Keterampilan Memahami Melalui Penerapan Metode Pembelajaran SQR3.

Annisa, Imaniar Zeety. 2013. Peningkatan Aktivitas dan Keterampilan Memahami Melalui Penerapan Metode Pembelajaran SQR3.

Basuki. Imam Agus. Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas VII SMP Berdasarkan Tes Internasional dan Tes Lokal. Jurnal Ilmu Pendidikan, Volume 2.203.

Dalman. 2013. Ketrampilan Membaca. Jakarta: Rajawali Pers.

Diimyati, Mudjiono.2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta

Djamarah, S.B. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta PT Rineka Cipta.

Gilani, M.R.A., Ismail, H.N & Gilakjani. A.P. (2012). Impacts of Learning Reading Strategy Comprehension Proficiency. The International Journal of Language Learning and Applied Linguistics World (IJLLALW), 1 (1). 54.

Ibrahim, R dkk.2010. Perencanan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Khuzaimatun, Siti. 2009. Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca  Pemahaman dengan Metode SQR3 pada Siswa Kelas X.3 Sma Negeri 1 Sumberlawang.

Kurniawan, Heru. 2009. Sastra Anak dalam Kajian Strukturalisme. Sosiologi. Semiotika, hingga penulisan Kreatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Lilis Siti Sulistyaningsih. Metode SQ3R. (http:/file.upi.edu/Direktori/FPBS/ JUR._PEND._BHS._DAN_SASTRA_INDONESIA/119640122198903- KHOLID-ABDULLAH_HARRAS/Bahan2_Kuliah/Makalah/ METODE%20SQ3R.pdf)..

Priyatni, Endah Tri. 2012. Membaca Sastra dengan Ancangan Literasi Kritis. Jakarta: Bumi Angkasa

Sanjaya. Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standart Proses   Pendidikan.  Jakarta: Kencana Prenada Media.

Soedarso. 2002. Speed Reading Sistem Membaca Cepat dan Efektif. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sugiono. 2013 .Metode Penelitian Pendidikan. Banduug: Alfabeta.

Suharsimi, Arikunto. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta :  Rineka Cipta.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca. Bandung: Angkasa Bandung.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.

Sugiono. 2013 .Metode Penelitian Pendidikan. Banduug: Alfabeta.

Suharsimi, Arikunto. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta :  Rineka Cipta.

 


PUBLISHED

2019-07-25

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 05 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade