IDENTIFIKASI MAKROZOOBENTOS DI SUNGAI KLINTER KERTOSONO, KABUPATEN NGANJUK


Author (Penulis)

LULUK NUR FAIZA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.06.0050

Abstract

ABSTRAK

Sebelum masuk Dusun Klinter, sungai ini melewati belakang pabrik kertas yang diduga membuang limbah produksinya langsung ke dalam sungai. Jika hal ini benar,  tentunya akan mengganggu keberadaan makrozoobentos tersebut. Dari latar belakang tersebut dilakukan penelitian tentang keberadaan makrozoobentos (jenis-jenis makrozoobentos apa saja yang terdapat di sungai Klinter tersebut). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis-jenis makrozoobentos dan populasi terbanyak yang ditemukan di Sungai Klinter Kertosono. Penelitian ini dilakukan di perairan sungai Klinter Dusun. Klinter, Desa Pelem, Kecamatan Kertosono, Kabupaten Nganjuk pada bulan Juli 2019. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive random sampling. Jarak antar stasiun transek sepanjang 200m menggunakan rangka jaring berukuran 1 mm. Sampel yang didapat disortir menggunakan hand sorting metoda.. Terdapat 10 familia hewan yang di temukan dari 3 stasiun penelitian yaitu Buccinidae, Viviparidae, Lymnaeidae, Unionidae, Palaemonidae, Parathelphusidae, Gomphidae, Platycnemiddidae, Chloroperlidae dan Tubificidae dan jumlah populasi terbanyak yang ditemukan adalah familia Buccinidae.

KATA KUNCI  : makrozoobentos, sungai klinter, kertosono nganjuk.


Keyword

makrozoobentos, sungai klinter, kertosono nganjuk

Reference

Anzani, Yunita Magrima. 2012. Makrozoobenthos Sebagai Bioindikator Kualitas Perairan Di Sungai Ciambulawung, Lebak, Banten. Skripsi. Fakultas Perikanan Dan Ilmu KelautanInstitut Pertanian Bogor.

Febriantoro C, Shilikhin A, Mughofar A, Utami B. 2013. Pengukuran tingkat pencemaran sumber mata air yang terdapat di kota kediri menggunakan parameter organisme makrozoobentos. Prosiding Seminar Nasional Biologi. 10(1):1–6.

Sinaga, T. 2009. Keanekaragaman Makrozoobenthos Sebagai Indikator Kualitas Perairan Danau Toba Balige Kabupaten Toba Samosir. [Tesis]. Program Pasca Sarjana. Usu.

Rini, D.S.. 2011. Panduan Penilaian Kesehatan Sungai Melalui Pemeriksaan Habitat Sungai dan BIOTILIK. Gresik: Ecoton.

Tyas, M.W., Widiyanto, J. 2015. Identifikasi Gastropoda Di Sub Das Anak Sungai Gandong Desa Kerik Takeran. Florea. IKIP PGRI Madiun. 2(2): 52-57.


PUBLISHED

2019-07-25

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 05 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade