pengaruh lesson study dalam model pembelajaran kooperatif tipe problem based learning terhadap keterampilan metakognisi dan sikap percaya diri siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Kota Kediri Pada materi pokok ekosistem
Author (Penulis)
LATIFAH ROFIDA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.06.0048
Abstract
ABSTRAK
Latifah Rofida: Pengaruh lesson study dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Metakognisi Dan Sikap percaya Diri Siswa Kelas VII SMP Muhammandiyah Kota Kediri Pada Materi Pokok Ekosistem.Skripsi, Pendidikan Biologi, FKIP UN PGRI, 2016.
Kata kunci: Problem Based Learning (PBL), Lesson Study (LS), Keterampilan Metakognisi, Percaya diri.
Pembelajaran IPA yang dilakukan di kelas VII SMP Muhammadiyah Kota Kediri, yakni siswa masih belum ikut aktif dalam pembelajaran, minat belajar IPA masih kurang, dan ruang untuk keterampilan metakognisi kurang diberdayakan sehingga hasil belajar siswa belum maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan metakognisi dan sikap percaya diri siswa menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) melalui Lesson study (LS) pada materi ekosistem di kelas VII SMP Muhammadiyah Kota Kediri. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuasi eksperimen dengan subyek penelitian kelas VII D dan E. Parameter yang diamati adalah keterampilan metakognisi yang diukur dengan menggunakan test tulis essay dan sikap percaya diri dengan pengamatan menggunakan lembar observasi guru selama proses penelitian. Hasil keterampilan metakonisi menggunakan analisis uji t yang menunjukkan nilai sig 0,002 < 0,05 sehingga ada perbedaan yang signifikan pada kelas yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) melalui Lesson study (LS). Rata-rata penilaian sikap percaya diri menggunakan Problem based learning melalui lesson study 80,21 dan pembelajaran Problem Based Learning 69,96.