PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DIDUKUNG MEDIA TORSO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SIKAP SOSIAL SISWA MATERI SISTEM GERAK MANUSIA PADA SISWA KELAS VIII SMPN 1 SEMEN TAHUN AJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

ERNA MASRUROH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.06.0043

Abstract

Erna Masruroh. Pengaruh Model Problem Based Learning Didukung Media Torso untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Sosial Siswa Materi Sistem Gerak Manusia pada Siswa Kelas VIII SMPN 1 Semen Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi, Biologi, FKIP UN PGRI Kediri, 2016. Berdasarkan hasil observasi awal peneliti di SMP N 1 Semen menunjukkan bahwa pembelajaran yang dilaksanakan belum bermakna. Pelajaran IPA masih belum optimal. Pemanfaatan media belum optimal khususnya media torso pada pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi, aktivitas siswa ketika pembelajaran berlangsung masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui model Problem Based Learning didukung media torso dapat meningkatkan kemampuan Berpikir kritis siswa materi sistem gerak manusia kelas VIII SMPN 1 Semen Tahun Ajaran 2016/2017. 2) untuk mengetahui model Problem Based Learning didukung media torso dapat meningkatkan kemampuan sikap sosial siswa materi sistem gerak manusia kelas VIII SMPN 1 Semen Tahun Ajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 312 siswa dari 9 kelas. Jumlah sampel yang digunakan adalah 74 siswa, yang terdiri dari siswa kelas VIII H dengan jumlah 37 siswa sebagai kelas eksperimen, sedangkan siswa kelas VIII I dengan jumlah 37 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah soal tes berpikir kritis dan angket sikap sosial. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji-t independent sample test. Hasil uji-t kemampuan berpikir kritis diperoleh nilai probabilitas sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05, akibatnya H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya ada pengaruh model problem based learning didukung media torso terhadap kemampuan berfikir kritis. Sedangkan hasil uji-t sikap sosial diperoleh nilai signifikansi sig. (2-tailed) sebesar 0,000<0,5 (5%), maka Ho ditolak. Artinya bahwa ada pengaruh model problem based learning didukung media torso terhadap kemampuan sikap sosial. Kata kunci: berpikir kritis, media torso, problem based learning, sikap sosial

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-14

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI