PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TPS DENGAN MEDIA KARTU BERGAMBAR TERHADAP BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH KOTA KEDIRI MATERI SISTEM ORGANISASI KEHIDUPAN
Author (Penulis)
DINA ZAHROTUL JANNAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.06.0042
Abstract
Pembelajaran IPA biologi yang dilakukan di kelas VII SMP Muhammadiyah Kota Kediri masih kurang bervariasi sehingga siswa cenderung pasif dan menyebabkan kemampuan berpikir kritis siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran TPS dengan media kartu bergambar terhadap berpikir kritis siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Kota Kediri materi sistem organisasi kehidupan. Penelitian dilakukan dengan metode kuasi eksperimen dengan desain posttest only control design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII D berjumlah 28 siswa yang diajar menggunakan model TPS tidak menggunakan media kartu bergambar dan kelas VII E berjumlah 28 siswa yang diajar menggunakan model TPS dengan media kartu bergambar. Parameter yang diamati dalam penelitian ini adalah kemampuan berpikir kritis siswa, yang diukur menggunakan rubrik penilaian berpikir kritis dalam bentuk posttest yang terintegrasi pada tes hasil belajar kognitif (Zubaidah, 2015). Hasil analisis menggunakan uji-t menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) 0,000<0,05 yang berarti terdapat perbedaan berpikir kritis siswa yang diajar menggunakan model TPS tidak menggunakan media kartu bergambar dan model TPS dengan media kartu bergambar. Kemampuan berpikir kritis siswa yang diajar dengan model TPS dengan media kartu bergambar lebih baik dari siswa yang diajar dengan model TPS tidak menggunakan media kartu bergambar.
Kata Kunci: Berpikir Kritis, Kartu Bergambar dan Think Pair Share