PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STAD DIPADU PICTURE AND PICTURE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMAN 6 KEDIRI PADA POKOK BAHASAN PROTISTA
Author (Penulis)
AHMAD BASOFI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.06.0039
Abstract
ABSTRAK
Pada proses pembelajaran Biologi kelas X di SMAN 6 Kediri banyak siswa yang mengalami kesulitan saat mempelajari materi kindom Protista karena materi kingdom Protista banyak mengandung materi – materi yang bersifat abstrak dan beberapa konsep yang termasuk proses fisiologis akhirnya hal tersebut membuat hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa rendah. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa di SMAN 6 KEDIRI pada pokok bahasan kingdom Protista, menggunakan model pembelajaran (STAD) dipadu Picture And Picture. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuasi eksperimen dengan subyek penelitian kelas X-11 dan X-12. Parameter yang diamati adalah kemampuan berpikir kristis yang diukur dengan tes tertulis menggunakan soal esay dan hasil belajar siswa diukur menggunakan tes tertulis soal pilihan ganda. Hasil kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa dianalisis menggunakan uji-t menunjukkan sig 0,000 < 0,05 yang menyatakan bahwa ada perbedaan yang signifikan pada kelas yang menggunakan model pembelajaran (STAD) dipadu Picture And Picturedengan kelas yang diajar dengan model pembelajaran Picture and Picture pada pokok bahasan kingdom Protista. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran (STAD) dipadu Picture And Picture pada pokok bahasan kingdom Protista dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa
KATA KUNCI : Hasil Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis, Picture And Picture, Student Teams-Achievement Divisions (STAD)