PENGARUH PEMBERIAN MODEL WORD SQUARE DENGAN MODEL CROSSWORD PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI MATERI DAMPAK PENCEMARAN BAGI KEHIDUPAN PADA SISWA KELAS VII SMPN 8 KEDIRI TAHUN AJARAN 2015/2016?
Author (Penulis)
YERNI ANITA BABYS
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.06.0037
Abstract
PENGARUH PEMBERIAN MODEL WORD SQUARE DENGAN MODEL CROSSWORD PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI MATERI DAMPAK PENCEMARAN BAGI KEHIDUPAN PADA SISWA KELAS VII SMPN 8 KEDIRI TAHUN AJARAN 2015/2016?
Yerni Anita Babys
12.1.01.06.0037
FKIP – Pendidikan Biologi
e-mail: ni7ta.3chv.babys@gmail.com
Dra. Budhi Utami, M.Pd dan Dra. Dwi Ari Budiretnani. M.Pd
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran menggunakan model permainan agar menarik minat belajar siswa sehingga tidak jenuh tetapi tetap serius dalam mengikuti pelajaran dan menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru. Misalnya model pembelajaran word square dan model pembelajaran crossword puzzle karena dalam pembelajarannya siswa dapat menjawab dengan mengarsir huruf dalam kotak, dimana huruf dalam kotak ini akan membentuk suatu kata-kata atau istilah penting yang menyangkut tentang materi pelajaran, dengan harapan dapat membantu siswa dalam mengingat materi pembelajaran dengan mudah dan dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian model word square dengan model crossword puzzle terhadap hasil belajar biologi siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu eksperimen non-equivalen kontrol grup desain (Quasi eksperimen) pada siswa kelas VII SMPN 8 Kediri yang dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2015/2016 selama 1 minggu. Pengambilan sampel berasal dari 2 kelas yaitu kelas VII J sebagai kelas Eksperimen I dan kelas VII K sebagai kelas eksperimen II. Instrumen yang digunakan untuk mendukung penelitian ini yaitu silabus, RPP dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes, dokumentasi, dan validitas. Data ditabulasi kemudian dianalisis menggunakan program SPSS versi 21 for windows 2013 sebagai prasyarat pengujian hipotesis menggunakan uji-t maka dilakukan independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan nilai thitung sebesar 2,714 sedangkan ttabel sebesar 1,674 didapat dari taraf signifikan 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak artinya terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kedua kelas eksperimen. Dengan melihat nilai rata-rata post test menggunakan model crossword puzzle (86,2963), model word square (79,30). Kesimpulan penelitian ini disimpulkan bahwa hasil belajar biologi pada materi dampak pencemaran bagi kehidupan dengan menggunakan model crossword puzzle lebih tinggi dibandingkan dengan model word square digunakan dalam pembelajaran biologi.
Kata Kunci: Model word square, Model Crossword Puzzle, dan Hasil Belajar.