PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN METAKOGNISI DAN SIKAP SOSIAL SISWA KELAS VII SMPN 1 SEMEN KEDIRI


Author (Penulis)

SHILVI NUR AZIZAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.06.0035

Abstract

Shilvi Nur Azizah: Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap keterampilan metakognisi dan sikap sosial siswa kelas VII SMPN 1 Semen Kediri. Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), Keterampilan Metakognisi, Sikap Sosial. Pembelajaran IPA biologi yang dilakukan di kelas VII SMPN 1 Semen Kediri masih kurang bervariasi sehingga menyebabkan keterampilan metakognisi dan sikap sosial siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap keterampilan metakognisi dan sikap sosial siswa kelas VII SMPN 1 Semen Kediri. Penelitian dilakukan dengan metode kuasi eksperimen dengan desain posttest only control design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII G berjumlah 40 siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran NHT (kontrol) dan kelas VII H berjumlah 38 siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran PBL (eksperimen). Parameter yang diukur dalam penelitian ini adalah keterampilan metakognisi dan sikap sosial siswa. Pengukuran keterampilan metakognisi siswa menggunakan rubrik penilaian keterampilan metakognisi dalam bentuk posttest yang terintegrasi pada tes hasil belajar kognitif(Corebima, 2009), sedangkan pengukuran sikap sosial siswa menggunakan lembar observasi guru, diri sendiri, dan sesama teman(Lembar pengukuran sikap menurut kurikulum 2013). Hasil analisis menggunakan uji-t menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) 0,000<0,05 pada keterampilan metakognisi dan Sig. (2-tailed) 0,004< 0,05 pada sikap sosial siswa yang berarti ada perbedaan yang signifikan siswa yang diajar dengan model pembelajaran PBL dan NHT terhadap keterampilan metakognisi dan sikap sosial siswa kelas VII SMPN 1 Semen Kediri. Keterampilan metakognisi dan sikap sosial siswa yang diajar dengan model pembelajaran PBL lebih baik dari siswa yang diajar dengan model pembelajaran NHT.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-16

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI