PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DIPADU STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF SISWA KELAS X SMAN 6 KEDIRI PADA POKOK BAHASAN KINGDOM FUNGI
Author (Penulis)
M. AGUNG SETIAWAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.06.0030
Abstract
ABSTRAK
Materi Kingdom Fungi merupakan materi yang mempelajari tentang jamur. Pada Kingdom Fungi terdiri atas enam filum yaitu Zigomycota, Ascomycota, Basidiomycota, Deuteromycota, Lumut Kerak, dan Mikoriza. Materi kingdom fungi memiliki banyak jenis, nama ilmiah, dan klasifikasi jamur yang menjadi kendala siswa untuk dihafalkan dan dimengerti siswa sehingga perlu model pembelajaran yang dapat memberikan pengalaman pembelajaran yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dipadu Student Facilitator And Explaining terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreatif pada materi Kingdom Fungi di kelas X SMAN 6 Kediri. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus sampai September tahun ajaran 2016/2017 semester ganjil. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuasi eksperimen dengan subyek penelitian kelas X-9 dan X-10. Parameter yang diamati adalah kemampuan berpikir kritis dan kreatif yang diukur dengan menggunakan postest essay. Hasil kemampuan berpikir kritis dan kreatif dianalisis menggunakan uji t menunjukkan hasil perhitungan uji-t diperoleh Sig. (2-tailed) 0,000< 0,05. Hal ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Problem Based Learning dipadu Student Facilitator And Explaining terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa materi Kingdom Fungi.
KATA KUNCI : Problem Based Learning (PBL), Student Facilitator And Explaining, Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kritis.