PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE MAKE A MATCH DAN SNOWBALL THROWING TERHADAP SIKAP KERJA SAMA SISWA DAN KEMAMPUAN MEMAHAMI MATERI GEJALA ALAM BIOTIK DAN ABIOTIK KELAS 7 SMPN 2 PAPAR


Author (Penulis)

BINTI MIFTAKHUL J.
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.06.0008

Abstract

Binti Miftakhul J (12.1.01.06.0008) : Pengaruh model pembelajaran Cooperative Make A Match dan Snowball Throwing terhadap sikap kerja sama siswa dan kemampuan memahami materi Gejala Alam Biotik dan Abiotik kelas 7 SMPN 2 Papar. Skripsi, Pendidikan Biologi, FKIP UN PGRI KEDIRI, 2016. Kata Kunci: Make A Match, Snowball Throwing, Sikap kerjasama, dan Kemampuan Memahami Pembelajaran IPA di SMPN 2 Papar, khususnya kelas VII-G dan VII-I didalam proses pembelajarannya semangat siswa untuk belajar cukup rendah, apalagi jika mata pelajaran IPA berada pada jam-jam yang siang atau setelah olahraga semangat dan motivasi belajar siswa terlihat menurun. Hal ini diduga disebabkan karena rendahnya pemahaman siswa dalam menerima pelajaran yang diberikan oleh guru.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Make A Match dan Snowball Throwing terhadap sikap kerja sama siswa dan kemampuan memahami materi gejala alam biotik dan abiotik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Posttest only control desin pada siswa kelas VII SMPN 2 Papar. Instrumen yang digunakan untuk mendukung penelitian ini yaitu pengukuran sikap kerjasama siswa yang menggunakan rubrik penilaian sikap kerjasama meliputi observasi guru, penilaian antar teman dan penilaian diri sendiri. Sedangkan kemampuan memahami materi terintegrasi pada hasil belajar siswa. Data ditabulasi kemudian dianalisis menggunakan program spss 16 for windows 2007 yaitu untuk penilaian sikap kerjasama dan hasil belajar siswa menggunakan uji-t. Penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan pengaruh antara model pembelajaran Cooperative tipe Make A Macth dan Snowball Throwing terhadap sikap kerjasama siswa sig.(2-tailed) 0.018< 0.05 (2) ada perbedaan pengaruh antara model pembelajaran Cooperative tipe Make A Macth dan Snowball Throwing terhadap kemampuan siswa memehami materi sig.(2-tailed) 0.033< 0.05. Simpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran Snowball Throwing lebih berpengaruh dari pada model pembelajaran Make A Match terhadap sikap kerjasama dan kemampuan memahami materi Gejala Alam Biotik dan Abiotik pada siswa kelas VII SMPN 2 Papar.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-15

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI