PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DIPADU MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI, KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM KELAS VII A MTS SUNAN GUNUNG JATI


Author (Penulis)

AFRIANTI EKA KURNIAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.06.0003

Abstract

ABSTRAK

Pembelajaran IPA khususnya Biologi yang diterapkan guru pada tingkatan SMP/MTs lebih dominan kepada aspek pengetahuan dan pemahaman konsep, belum menuntut siswa untuk aktif dan melatih siswa dalam berpikir serta menemukan sendiri konsep yang ada, siswa cenderung lebih sering menghafal konsep tanpa mengetahui bagaimana proses untuk menemukan konsep sehingga siswa cenderung pasif atau diam ketika mereka merasa tidak mengerti dengan materi pelajaran yang diajarkan dan mengakibatkan kurangnya motivasi, kreativitas dan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi, kreativitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dipadu Mind Mapping. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis & Taggart dengan subyek penelitian siswa kelas VII A MTs Sunan Gunung Jati. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, menggunakan instrumen berupa lembar observasi motivasi belajar, lembar observasi kreativitas siswa, lembar penilaian mind mapping dan soal evaluasi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah metode observasi, metode tes dan metode dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dipadu Mind Mapping dapat meningkatkan motivasi, kreativitas dan hasil belajar siswa pada materi perubahan iklim di kelas VII A MTs Sunan Gunung Jati. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan motivasi belajar siswa pada pra penelitian menunjukkan rata-rata yang sangat rendah yaitu 32,19% menjadi 49,71% pada siklus 1, kemudian pada siklus 2 meningkat menjadi 67,86%. Kreativitas siswa juga menunjukkan peningkatan yamg dibuktikan dengan kenaikan presentase dari pra tindakan yang hanya 34,22% meningkat menjadi 48,09% pada siklus 1, kemudian pada siklus 2 meningkat menjadi 70,13%. Hasil belajar siswa juga mengalami kenaikan rata-rata nilai dari pratindakan yang hanya 60,33 meningkat  menjadi 68,63 pada siklus 1, kemudian pada siklus 2 meningkat menjadi 73,5. Sedangkan pada penilaian hasil mind mapping meningkat dari siklus I 50,33% menjadi  97,16% pada siklus 2

KATA KUNCI  : Problem Based Learning, Mind Mapping, Motivasi, Kreativitas, Hasil Belajar


Keyword

Problem Based Learning, Mind Mapping, Motivasi, Kreativitas, Hasil Belajar

Reference

Akinoglu, O. dan R.O. Tandogan. 2007. The Effect of Problem Based Active Learning of Student’s Academic Achievement, Attitude and Concept Learning. Eurasia Journal of Mathemathics, science & Technology Education, 3.

Azwar, Saifuddin. 2010. Metode Penelitaian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Djamarah, Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Puspita R. 2012. Penerapan Metode Eksperimen dan Alat Bantu Peta Pikiran (Mind Mapping) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam pembelajaran IPA Materi Proses Terbentuknya Tanah Kelas 5 SDN 1 Kecamatan Lembang Bandung Barat.

Suharsimi, Arikunto., Suhardjono. & Supardi. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Yuan, H., dkk. 2008. Promoting Critical Thinking Skills Through Problem-Based Learning. CMU. Journal of Soc. Sci. and Human., 2(2): 85-100.


PUBLISHED

2019-07-26

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 05 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade