PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) DIDUKUNG DENGAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP KEAKTIFAN DAN KEMAMPUAN MEMAHAMI MATERI GEJALA ALAM BIOTIK DAN ABIOTIK PADA SISWA KELAS VII SMPN 1 SEMEN KABUPATEN KEDIRI
Author (Penulis)
ADETRI WINDY JUWITA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.06.0001
Abstract
ABSTRAK
Adetri Windy Juwita (12.1.01.06.0001) : Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) di Dukung Dengan Media Flashcard Terhadap Keaktifan dan Kemampuan Memahami Materi Gejala Alam Biotik dan Abiotik Pada Siswa Kelas VII SMPN 1 Semen Kediri, FKIP, UNP Kediri, 2016.
Pembelajaran IPA Biologi khususnya materi gejala alam biotik dan abiotik yang dilakukan di kelas VII SMPN 1 Semen Kediri masih kurang bervariasi sehingga siswa cenderung pasif dan menyebabkan hasil belajar siswa belum maksimal.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif Tipe Group Investigation (GI) yang didukung dengan media pembelajaran Flashcard dalam materi gejala alam biotik dan abiotik terhadap keaktifan dan kemampuan memahami siswa kelas VII di SMPN 1 Semen Kediri. Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan sampel berjumlah 77 siswa dari dua kelas yang diambil secara acak. Parameter yang diamati dalam penelitian ini adalah keaktifan dan kemampuan memahami siswa. Keaktifan diukur dengan rubrik keaktifan siswa, sedangkan kemampuan memahami diukur dengan tes yang diberikan setelah materi pembelajaran selesai diajarkan kepada siswa.Uji analisis menggunakan uji t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat signifikasi 0,00 untuk keaktifan dan tingkat signifikasi 0,00 untuk kemampuan memahami.
Simpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif Tipe Group Investigation (GI) yang didukung dengan media pembelajaran Flashcard dalam materi gejala alambiotik dan abiotik terhadap keaktifan dan kemampuan memahami siswa kelas VII di SMPN 1 Semen Kediri.
Kata kunci: Keaktifan, Kemampuan Memahami, Model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation, Media Flashcard.