EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMPN 2 PAPAR
Author (Penulis)
DESTRI MEGA ARUMANITA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.05.0216
Abstract
ABSTRAK
Destri Mega A.: Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMPN 2 Papar
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman penelitian, bahwa pembelajaran matematika pada kelas VIII-I SMPN 2 Papar masih didominasi oleh peran guru. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif dan membosankan. Hal tersebut nampak dari aktivitas siswa dan respon siswa selama pembelajaran berlangsung yang rendah yang pada akhirnya kemampuan pemecahan masalah pun juga rendah.
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Adakah peningkatan kemampuan guru mengelola pembelajaran selama pembelajaran menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel? (2) Adakah peningkatan aktivitas siswa selama pembelajaran menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel? (3) Adakah peningkatan respon siswa selama pembelajaran menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel? (4) Apakah model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan subjek penelitian kelas VIII-I SMPN 2 Papar. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 tahap, menggunakan instrumen lembar observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran, lembar observasi aktivitas siswa, angket respon siswa dan tes kemampuan pemecahan masalah.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Ada peningkatan kemampuan guru mengelola pembelajaran selama pembelajaran menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning, dengan rata-rata presentase tahap 1 75,83% menjadi 80% pada tahap 2. (2) Ada peningkatan aktivitas siswa selama pembelajaran menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning , dengan rata-rata presentase tahap 1 70% menjadi 80,51% pada tahap 2. (3) Ada peningkatan respon siswa selama pembelajaran menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning , dengan rata-rata presentase tahap 1 76,67% menjadi 82,68% pada tahap 2. (4) Model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa, dengan rata-rata presentase tahap 1 72,29% menjadi 89,46% pada tahap 2.
Berdasarkan hasil kesimpulan penelitian ini, direkomendasikan (1) Model pembelajaran Problem Based Learning dapat dijadikan sebagai sebuah metode dalam pembelajaran matematika yang dapat meningkatkan kemampuan guru mengelola pembelajaran, aktivitas siswa, respon siswa dan kemampuan pemecahan masalah siswa. (2) Guru mampu memberi stimulus agar dapat meningkatkan aktivitas siswa, respon siswa dan kemampuan pemecahan masalah siswa.
Kata Kunci: efektivitas, Problem Based Learning, kemampuan guru mengelola pembelajaran, aktivitas siswa, respon siswa, kemampuan pemecahan masalah