EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROUND ROBIN PROBLEM POSSING (2R2P) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA MATERI SPLDV SISWA KELAS VIII SMPN 3 KEDIRI TAHUN AJARAN 2016/2017
Author (Penulis)
SEPTIANA RATNANINGSIH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.05.0214
Abstract
Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Round Robin Problem Possing (2R2P) Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Pemahaman Konsep Matematika Pada Materi SPLDV Siswa Kelas VIII SMPN 3 Kota Kediri Tahun Ajaran 2016/2017
Septiana Ratnaningsih
12.1.01.05.0214
FKIP – Pendidikan Matematika
septi813@yahoo.com
Dian Devita Yohanie, M.Pd(1) dan Ika Santia, M.Pd(2)
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
ABSTRAK
Round Robin Problem Possing (2R2P), merupakan model pembelajaran matematika yang dapat menciptakan pola interaksi yang optimal dan mengembangkan semangat kebersamaan. Tujuan penelitian ini digunakan untuk mengetahui hasil belajar dan pemahaman konsep matematika siswa.
Permasalahan dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Apakah hasil belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Round Robin Problem Possing (2R2P) lebih baik daripada menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Round Robin? (2) Adakah perbedaan hasil belajar matematika siswa ditinjau dari tingkat pemahaman konsep matematika siswa tinggi, tingkat pemahaman konsep matematika siswa sedang, dan tingkat pemahaman konsep matematika siswa rendah? (3) Apakah model pembelajaran kooperatif tipe Round Robin Problem Possing (2R2P) lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Round Robin?
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, sampel penelitian adalah kelas VIII-C dan kelas VIII-D SMP Negeri 3 Kota Kediri. Pengambilan data dilakukan dengan metode dokumentasi, observasi, angket dan tes.
Berdasarkan analisis data, disimpulkan bahwa (1) hasil belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Round Robin Problem Possing (2R2P) lebih baik daripada menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Round Robin. (2) siswa dengan pemahaman konsep matematika tinggi memiliki hasil belajar yang lebih baik dibandingkan siswa yang memiliki pemahaman konsep matematika sedang, siswa dengan pemahaman konsep matematika sedang memiliki hasil belajar yang lebih baik dibandingkan siswa yang memiliki pemahaman konsep matematika rendah, dan siswa dengan pemahaman konsep matematika tinggi memiliki hasil belajar yang lebih baik dibandingkan siswa yang memiliki pemahaman konsep matematika rendah. (3) model pembelajaran kooperatif tipe Round Robin Problem Possing (2R2P) lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Round Robin.
KATA KUNCI : Round Robin Problem Possing (2R2P), Pemahaman Konsep Matematika dan Efektivitas