EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIVE TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DAN TIPE ROLE PLAYING TERHADAP KEMAMPUAN BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH KOTA KEDIRI PADA MATERI POKOK BAHASAN RELASI DAN FUNGSI


Author (Penulis)

RIKA FITRIANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.05.0213

Abstract

ABSTRAK Rika Fitriani: Eksperimentasi Model Pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan tipe Role Playing terhadap kemampuan belajar siswa SMP Muhammadiyah Pada Materi Relasi dan Fungsi Tahun 2016. Faktor penyebab rendahnya kemampuan belajar siswa adalah model Pembelajaran yang digunakan. Model pembelajaran pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi, sehingga membuat siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Hal ini yang membuat peneliti termotivasi untuk menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dan Role Playing. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) kemampuan belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Role Playing kelas VIII pada materi Relasi dan Fungsi (2) kemampuan belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share kelas VIII pada materi Relasi dan Fungsi (3) perbedaan kemampuan belajar siswa kelas VIII yang diberikan model pembelajaran Think Pair Share dengan Role Playing. Penelitian dilakukan di SMP Muhammadiyah Kediri tahun ajaran 2016/2017. teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi eksperimental dengan desain Posttest Only Control Design. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VIII, Penelitian ini melibatkan 28 siswa sebagai sampel untuk kelas eksperimen. Pada siswa kelas eksperimen. pengumpulan data setelah perlakuan dilakukan dengan menggunakan tes pemahaman konsep. Teknik analisis data menggunakan Independent Sample t Test. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Hasil tes kelas eksperimen menunjukkan kemampuan belajar siswa tanpa menggunakan model pembelajaran Role Playing termasuk kategori cukup dengan rata-rata hasil belajar 65 (2) Hasil tes kelas kontrol menunjukkan kemampuan belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Think Phair Share (TPS) termasuk kategori cukup dengan rata-rata hasil belajar 60. (3) hasil uji t diperoleh sig (2-tailed) < 0,05 yaitu 0,045 < 0,05 sehingga ada perbedaan kemampuan belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Role Playing dengan Think Pair Share pada materi relasi dan fungsi kelas VIII SMP Muhammadiyah Kediri. Kata kunci : Model pembelajaran Role Playing, Model pembelajaran Think Phair Share (TPS), Kemampuan Belajar

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-16

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI