IDENTIFIKASI KESALAHAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 GURAH DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL ALJABAR
Author (Penulis)
ERNA TRI ASTUTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.05.0212
Abstract
Erna Tri Astuti: Identifikasi Kesalahan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Gurah dalam Menyelesaikan Soal-Soal Aljabar, Skripsi, Pendidikan Matematika, UN PGRI Kediri, 2016.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengalaman peneliti bahwa masih banyak siswa yang salah dalam mengerjakan soal-soal aljabar. Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi jenis kesalahan dan faktor penyebab kesalahan yang dilakukan peserta didik dalam mengerjakan soal-soal aljabar.
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Apa jenis kesalahan yang dilakukan siswa kelas VIII SMPN 2 Gurah dalam menyelesaikan soal-soal aljabar? (2) Apa faktor penyebab kesalahan yang dilakukan siswa kelas VIII SMPN 2 Gurah dalam menyelesaikan soal-soal aljabar?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian siswa kelas VIII-B SMPN 2 Gurah yang diambil 3 orang. Penelitian dilaksanakan menggunakan post test dan wawancara.
Simpulan hasil penelitian ini adalah (1) Jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa kelas VIII SMPN 2 Gurah dalam menyelesaikan soal-soal aljabar adalah kekurangan pemahaman tentang simbol, penggunaan proses yang keliru, kekurangan pemahaman tentang perhitungan, dan kesalahan tidak menjawab soal. (2) Faktor penyebab kesalahan yang dilakukan siswa kelas VIII SMPN 2 Gurah adalah dalam menyelesaikan soal-soal aljabar adalah: faktor kesiapan, faktor pengertian orang tua, cara orang tua mendidik yang kurang benar, faktor kesehatan, belum paham, salah dalam menulis, dan kurang teliti.
Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Siswa diharapkan banyak mempelajari materi aljabar dengan melatih mengerjakan soal-soal tentang aljabar. (2) Guru sebaiknya memberikan banyak latihan soal dan mengajar dengan lebih kreatif. Guru harus bisa menampung keluhan dan memberikan solusi dalam memecahkan kesulitan-kesulitan yang dihadapi oleh siswa supaya kesalahan yang dialami siswa berkurang.
Kata kunci: Identifikasi, Jenis Kesalahan, Faktor kesalahan