PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK-PAIR-SHARE) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA MATERI OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH KOTA KEDIRI
Author (Penulis)
RURUH OKTAVIANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.05.0210
Abstract
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK-PAIR-SHARE) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA MATERI OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR KELAS VII
SMP MUHAMMADIYAH KOTA KEDIRI
Ruruh Oktaviana
12.1.01.05.0210
FKIP – Pendidikan Matematika
ruruhoktaviana@gmail.com
Dr. Suryo Widodo, M.Pd dan Lina Rihatul Hima,S.Si.,M.Pd
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share), dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa pada materi Operasi Hitung Bentuk Aljabar di SMP Muhammadiyah Kota Kediri. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan subjek penelitian adalah 31 siswa pada kelas VII SMP Muhammadiyah Kota Kediri. Penelitian dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan. Desain penelitian yang digunakan adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instumen tes berbentuk uraian 5 nomor untuk pretest dan posttest yang sebelumnya telah diuji vailiditasnya serta lembar observasi yang digunakan untuk mengamati aktivitas siswa dan guru selama proses pembelajaran berlangsung. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan analisis infrensial. Berdasarkan hasil analisis data deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata hasil aktivitas siswa adalah 73%, hasil rata – rata aktivitas guru adalah 3,35, sedangkan hasil pemahaman konsep matematis siswa adalah rata – rata nilai soal pretest 37,67% dan rata – rata nilai soal posttest 64,96%. Sedangkan hasil analisis infrensial diperoleh thitung = 19,93, harga ini selanjutnya dibandingkan dengan dk=30 pada taraf signifikan 5% diperoleh ttabel= 2,024. Dengan demikian dapat disimpulkn bahwa H0 ditolak, karena memenuhi kriteria pengujian bahwa jika maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa pada materi operasi hitung bentuk aljabar kelas VII SMP Muhammadiyah Kota Kediri.
KATA KUNCI : Model Pembelajaran Kooperatif, TPS (Think Pair Share), Pemahaman Konsep Matematis