PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK-PAIR-SHARE) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA MATERI OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH KOTA KEDIRI


Author (Penulis)

RURUH OKTAVIANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.05.0210

Abstract

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK-PAIR-SHARE) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA MATERI OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH KOTA KEDIRI Ruruh Oktaviana 12.1.01.05.0210 FKIP – Pendidikan Matematika ruruhoktaviana@gmail.com Dr. Suryo Widodo, M.Pd dan Lina Rihatul Hima,S.Si.,M.Pd UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share), dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa pada materi Operasi Hitung Bentuk Aljabar di SMP Muhammadiyah Kota Kediri. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan subjek penelitian adalah 31 siswa pada kelas VII SMP Muhammadiyah Kota Kediri. Penelitian dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan. Desain penelitian yang digunakan adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instumen tes berbentuk uraian 5 nomor untuk pretest dan posttest yang sebelumnya telah diuji vailiditasnya serta lembar observasi yang digunakan untuk mengamati aktivitas siswa dan guru selama proses pembelajaran berlangsung. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan analisis infrensial. Berdasarkan hasil analisis data deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata hasil aktivitas siswa adalah 73%, hasil rata – rata aktivitas guru adalah 3,35, sedangkan hasil pemahaman konsep matematis siswa adalah rata – rata nilai soal pretest 37,67% dan rata – rata nilai soal posttest 64,96%. Sedangkan hasil analisis infrensial diperoleh thitung = 19,93, harga ini selanjutnya dibandingkan dengan dk=30 pada taraf signifikan 5% diperoleh ttabel= 2,024. Dengan demikian dapat disimpulkn bahwa H0 ditolak, karena memenuhi kriteria pengujian bahwa jika maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa pada materi operasi hitung bentuk aljabar kelas VII SMP Muhammadiyah Kota Kediri. KATA KUNCI : Model Pembelajaran Kooperatif, TPS (Think Pair Share), Pemahaman Konsep Matematis

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-15

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI