Penerapan Model Kooperatif Metode Kumon Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Materi Persamaaan dan Pertidaksamaan Linier pada Siswa Kelas X SMK Pemuda Papar Kediri Tahun 2016/2017


Author (Penulis)

LANDY SUHARDI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.05.0209

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal sehingga membuat hasil belajar siswa kelas X SMK Pemuda Papar Kediri menjadi rendah pada mata pelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui apakah dapat meningkatkan minat melalui Model Kooperatif dengan metode Kumon pada materi Persamaaan dan Pertidaksamaan Linier untuk siswa kelas X SMK Pemuda Papar Kediri tahun 2016/2017. (2) Apakah dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Kooperatif dengan metode Kumon pada materi Persamaaan dan Pertidaksamaan Linier untuk siswa kelas X SMK Pemuda Papar Kediri tahun 2016/2017. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian X APK 2 SMK Pemuda Papar Kediri. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus pembelajaran, menggunakan instrument berupa RPP, Lembar Kerja Siswa, test, dan lembar angket siswa. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Ada peningkatan minat belajar siswa kelas X SMK Pemuda Papar Kediri dalam penerapan model kooperatif dengan metode Kumon pada materi Persamaaan dan Pertidaksamaan Linier. Peningkatan ini terlihat dari hasil angket minat belajar siswa pada setiap siklus pembelajaran yaitu dari siklus 1 yaitu 62,8 menjadi 70,93 pada siklus 2 yaitu 70,93 dimana kedua siklus tersebut termasuk kriteria baik lalu meningkat pada siklus 3 yaitu 78,7 dan termasuk kriteria sangat baik. (2) Ada peningkatan hasil belajar siswa kelas X SMK Pemuda Papar Kediri dalam penerapan model kooperatif dengan metode Kumon pada materi Persamaaan dan Pertidaksamaan Linier. Peningkatan ini terlihat dari rata-rata hasil belajar siswa pada setiap siklus pembelajaran yaitu dari hasil test pada siklus 1 yaitu 66,06 setelah itu meningkat pada siklus 2 yaitu 71,18 lalu meningkat juga pada siklus 3 yaitu 78,18. Selain ada peningkatan , juga memenuhi kriteria ketuntasan belajar siswa. KATA KUNCI : Kumon, Kooperatif, Hasil Belajar, Persamaan Dan Pertidaksamaan Linier

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-17

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI