PEMAHAMAN KONSEPTUAL DAN PROSEDURAL SISWA SMPN 1 PRAMBON KELAS VIII PADA MATERI FAKTORISASI SUKU ALJABAR DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN MEDIA PUZZLE DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIS
Author (Penulis)
RINI ENDRAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.05.0205
Abstract
atematika
simki.unpkediri.ac.id
|| 2||
Artikel Skripsi
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Rini Endrawati | 12.1.01.05.0205
FKIP – Pendidikan Matematika
simki.unpkediri.ac.id
|| 3||
Pemahaman Konseptual dan Prosedural Siswa SMPN 1 PRAMBON Kelas
VIII Pada Materi Faktorisasi Suku Aljabar Dengan Menggunakan
Pembelajaran Media Puzzle Di Tinjau Dari Kemampuan Matematis
Rini Endrawati
12.1.01.05.0205
Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan - Progam Studi Pendidikan Matematika
riniendrawati14@gmail.com
Pembimbing 1 : Feny Rita Fiantika, M.Pd.
Pembimbing 2 : Ika Santia, M.Pd.
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
ABSTRAK
Penelitian ini di latar belakangi hasil pengamatan penelitti, bahwa rendahanya hasil pelajaran
matematika SMP di kelas VIII masih kesulitan dalam memahami materi faktorisasi suku
aljabar.Permasalahn peneliti ini adalah (1)Bagaimanakah pemahaman konseptual siswa kelompok
tinggi kelas VIII SMPN 1 PRAMBON pada materi faktorisasi suku aljabar dengan menggunkan
pembelajaran media puzzle? (2)Bagaimanakah pemahaman prosedural siswa kelompok tinggi kelas
VIII SMPN 1 PRAMBON pada materi faktorisasi suku aljabar dengan menggunkan pembelajaran
media puzzle? (3) Bagaimanakah pemahaman konseptual siswa kelompok sedang kelas VIII SMPN 1
PRAMBON pada materi faktorisasi suku aljabar dengan menggunkan pembelajaran media puzzle?
(4)Bagaimanakah pemahaman prosedural siswa kelompok sedang kelas VIII SMPN 1 PRAMBON
pada materi faktorisasi suku aljabar dengan menggunkan pembelajaran media puzzle?(5)
Bagaimanakah pemahaman konseptual siswa kelompok rendah kelas VIII SMPN 1 PRAMBON pada
materi faktorisasi suku aljabar dengan menggunkan pembelajaran media puzzle? (6)Bagaimanakah
pemahaman prosedural siswa kelompok rendah kelas VIII SMPN 1 PRAMBON pada materi
faktorisasi suku aljabar dengan menggunkan pembelajaran media puzzle?. Penelitian dilaksanakan
dalam 2 pertemuan, menggunakan tes pemahaman dan wawancara.Hasil analisis terhadap pekerjaan
subjek dalam menyelesaikan soal pada materi faktorisasi suku aljabar kelas VIII-2 yaitu: (1)Subjek
Pemahaman konseptual tinggi dapat menerapkannya kedalam konsep lain, (2)Subjek Pemahaman
prosedural tinggi menghafal konsep tanpa mengkaitkannya konsep yang lain, (3)Subyek Pemahaman
konseptual sedang mengetahui konsep, tanpa mengkaitkannya dengan konsep yang lain (4)Subyek
Pemahaman prosedural sedang menerapkan rumus dalam perhitungan sederhana (5)Subyek
Pemahaman konseptual rendah menerapkan kan konsep langsung tanpa media puuzle, (6)Subyek
Pemahaman prosedural rendah mengerjakan secara perhitungan sederhana.
Kata Kunci: Pemahaman Konseptual dan Prosedural, Media Puzzle, Faktorisasi Suku Aljabar.