PEMAHAMAN KONSEPTUAL DAN PROSEDURAL SISWA SMPN 1 PRAMBON KELAS VIII PADA MATERI FAKTORISASI SUKU ALJABAR DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN MEDIA PUZZLE DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIS


Author (Penulis)

RINI ENDRAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.05.0205

Abstract

atematika simki.unpkediri.ac.id || 2|| Artikel Skripsi Universitas Nusantara PGRI Kediri Rini Endrawati | 12.1.01.05.0205 FKIP – Pendidikan Matematika simki.unpkediri.ac.id || 3|| Pemahaman Konseptual dan Prosedural Siswa SMPN 1 PRAMBON Kelas VIII Pada Materi Faktorisasi Suku Aljabar Dengan Menggunakan Pembelajaran Media Puzzle Di Tinjau Dari Kemampuan Matematis Rini Endrawati 12.1.01.05.0205 Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan - Progam Studi Pendidikan Matematika riniendrawati14@gmail.com Pembimbing 1 : Feny Rita Fiantika, M.Pd. Pembimbing 2 : Ika Santia, M.Pd. UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI ABSTRAK Penelitian ini di latar belakangi hasil pengamatan penelitti, bahwa rendahanya hasil pelajaran matematika SMP di kelas VIII masih kesulitan dalam memahami materi faktorisasi suku aljabar.Permasalahn peneliti ini adalah (1)Bagaimanakah pemahaman konseptual siswa kelompok tinggi kelas VIII SMPN 1 PRAMBON pada materi faktorisasi suku aljabar dengan menggunkan pembelajaran media puzzle? (2)Bagaimanakah pemahaman prosedural siswa kelompok tinggi kelas VIII SMPN 1 PRAMBON pada materi faktorisasi suku aljabar dengan menggunkan pembelajaran media puzzle? (3) Bagaimanakah pemahaman konseptual siswa kelompok sedang kelas VIII SMPN 1 PRAMBON pada materi faktorisasi suku aljabar dengan menggunkan pembelajaran media puzzle? (4)Bagaimanakah pemahaman prosedural siswa kelompok sedang kelas VIII SMPN 1 PRAMBON pada materi faktorisasi suku aljabar dengan menggunkan pembelajaran media puzzle?(5) Bagaimanakah pemahaman konseptual siswa kelompok rendah kelas VIII SMPN 1 PRAMBON pada materi faktorisasi suku aljabar dengan menggunkan pembelajaran media puzzle? (6)Bagaimanakah pemahaman prosedural siswa kelompok rendah kelas VIII SMPN 1 PRAMBON pada materi faktorisasi suku aljabar dengan menggunkan pembelajaran media puzzle?. Penelitian dilaksanakan dalam 2 pertemuan, menggunakan tes pemahaman dan wawancara.Hasil analisis terhadap pekerjaan subjek dalam menyelesaikan soal pada materi faktorisasi suku aljabar kelas VIII-2 yaitu: (1)Subjek Pemahaman konseptual tinggi dapat menerapkannya kedalam konsep lain, (2)Subjek Pemahaman prosedural tinggi menghafal konsep tanpa mengkaitkannya konsep yang lain, (3)Subyek Pemahaman konseptual sedang mengetahui konsep, tanpa mengkaitkannya dengan konsep yang lain (4)Subyek Pemahaman prosedural sedang menerapkan rumus dalam perhitungan sederhana (5)Subyek Pemahaman konseptual rendah menerapkan kan konsep langsung tanpa media puuzle, (6)Subyek Pemahaman prosedural rendah mengerjakan secara perhitungan sederhana. Kata Kunci: Pemahaman Konseptual dan Prosedural, Media Puzzle, Faktorisasi Suku Aljabar.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-17

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI