PEMAHAMAN RELASIONAL DAN INSTRUMENTAL MATEMATIK SISWA PADA MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER PADA MATERI OPERASI HITUNG PADA BENTUK ALJABAR KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 MUNJUNGAN


Author (Penulis)

GALUH JOKO SAMUDRO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.05.0204

Abstract

pembelajaran matematika masih cenderng mengutamakan perolehan hasil yang berupa pengetahuan, ingatan, dan kemampuan berfikir logis sehingga siswa hanya beranggapan bahawa matematika adalah pelajaran menghafal. Kemampuan siswa yang harus diperhatikan oleh guru salah satunya adalah kemampuan pemahaman matematika, karena pemahaman matematika merupakan kemampuan penghasil ide dan gagasan baru. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah penerapan model pembelajaran treffinger pada materi Operasi Hitung pada Bentuk Aljabar kelas VIII di SMP Negeri 1 Munjungan? (2) Bagaimanakah pemahaman relasional siswa pada penerapan model pembelajaran treffinger? (3) Bagaimanakah pemahaman instrumental siswa pada penerapan model pembelajaran treffinger? Pada penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan subyek penelitian siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Munjungan tahun ajaran 2016/2017. Penelitian dilaksanakan dalam dua kali pertemuan, dengan menggunakan instrumen berupa RPP, lembar observasi guru, lembar observasi siswa, lembar wawancara dan tes pemahaman siswa. Data yang diperoleh terdapat data kuantitatif yaitu soal tes, nantinya data tersebut juga dideskripsikan seperti data kualitatif. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) pemelajaran model treffinger dapat menjadi salah satu model pembelajaran yang dapat menambah pemahaman siswa karena setiap siswa harus dituntut aktif dalam pembelajaran dan menuangkan ide-ide yang baru. Sehingga diharapkan pola pikir seperti itu akan membantu siswa dalam menyelesaikan setiap masalah dalam pelajaran maupun masalah dalam kehidupan sehari-hari. (2) Pemahaman relasional siswa setelah diterapkan model treffinger dapat diketahui yang mempunyai pemahaman instrumental adalah subyek tinggi akan tetapi dalam subyek sedang dan subyek rendah belum terlihat kemampuan relasionalnya. Selain itu dapat diketahui bahwa tahapan dalam model treffinger menjadi suatu pola pikir yang sistematis dan efektif dalam membuka ide-ide baru. (3) Pemahaman instrumental siswa setelah diterapkan model treffinger secara umum dimiliki oleh ketiga subyek. Selain itu dapat diketahui bahwa tahapan dalam model treffinger menjadi suatu pola pikir yang sistematis dan efektif dalam membuka ide-ide baru untuk menambah keberanian siswa mengerjakan soal maupun mengungkapkan gagasan yang siswa miliki.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-13

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI