pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar sistem persamaan linier tiga variabel berdasarkan kemampuan matematika


Author (Penulis)

DESITA ANGGRAINI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.05.0203

Abstract

Desita Angrraini : Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Berdasarkan Kemampuan Matematika, Skripsi, Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Nusantara PGRI Kediri,2017 Penelitian ini dilatarbelakangi Pembelajaran yang masih monoton menjadikan rendahnya hasil belajar siswa. Siswa membutuhkan pembelajaran yang lebih menarik, menyenangkan dan tidak membosankan. Terlihat dari hasil UAN matematika siswa SMK di kota Kediri selama 3 tahun terakhir. Pada tahun 2011 terdapat 70 % SMK yang nilai matematikanya kurang dari KKM, pada tahun 2012 terdapat 69 % SMK yang nilai matematikanya kurang dari KKM, Pada tahun 2013 terdapat 79 % SMK yang nilai matematikanya kurang dari KKM. Dengan demikian model pembelajaran problem based learning merupakan alternatif yang dipilih untuk meningkatkan hasil belajar siswa.Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pengaruh model pembelajaran Poblem based learning terhadap hasil belajar siswa pada SPLTV berkemampuan matematika rendah (2) Mengetahui pengaruh pembelajaran model Poblem based learning terhadap hasil belajar siswa pada SPLTV berkemampuan matematika sedang (3) Mengetahui pengaruh model pembelajaran Poblem based learning terhadap hasil belajar siswa pada SPLTV berkemampuan matematika tinggi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa dari SMK HANGTUAH Kediri kelas X Nautika B sebanyak 23 siswa dan siswa kelas X Nautika A sebanyak 23 siswa Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan subjek penelitian siswa SMK HANGTUAH Kediri kelas X. Penelitian ini menggunakan teknik eksperimen dengan the one group pretest-posttest design, menggunakan instrumen berupa Silabus, RPP, dan tes hasil belajar siswa.Kesimpulan dari penelitian ini dapat diketahui bahwa harga Fhitung 14,585 jauh lebih besar dari ttabel 2,069 atau nilai sig. sebesar 0,000 < 0,05.. Hal ini berarti terdapat perbedaan pengaruh pembelajarn poblem based learning terhadap hasil belajar siswa pada SPLTV berkemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-09

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI