PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT PADA MATERI STATISTIKA TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS XI IPA SMAN 1 PACE
Author (Penulis)
FITA ALFINURIN
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.05.0201
Abstract
Fita Alfinurin: Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT pada Materi Statistika terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas XI IPA SMAN 1 Pace Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2016/2017, Skripsi, Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2017.
Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil dokumentasi, bahwa hasil belajar kognitif siswa SMAN 1 Pace kelas IPA ternyata masih rendah, dilihat dari rata-rata kelas yaitu 65. Hal ini terjadi bukan sepenuhnya karena kesalahan siswa tetapi dapat juga dikarenakan penggunaan strategi pembelajaran yang kurang tepat yaitu dengan metode ceramah. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada materi statistika dapat mempengaruhi hasil belajar kognitif matematika siswa kelas XI IPA 1 SMAN 1 Pace?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini sampel yang dipilih adalah siswa kelas XI IPA 1 SMAN 1 Pace Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk sebanyak 38 siswa.
Hasil penelitian yang diperoleh yaitu nilai signifikan ? 0,05 yaitu 0,033 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada materi statistika terhadap hasil belajar kognitif siswa Kelas XI IPA 1 SMAN 1 Pace Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2016/2017.
Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Guru sebaiknya memikirkan dan membuat perencanaan secara seksama sebelum melaksanakan proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa dan memperbaiki kualitas mengajarnya. (2) Tujuan pokok penggunaan pembelajaran kooperatif tipe NHT adalah untuk mengembangkan rasa ingin tahu siswa, mengembangkan kerja sama serta meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran sehingga dapat memberikan hasil belajar kognitif yang baik.
Kata kunci: Pembelajaran Kooperatif tipe NHT, Hasil Belajar Kognitif, Statistika.