ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN SPASIAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MEMAHAMI SIFAT, BAGIAN-BAGIAN SERTA MENENTUKAN UKURAN KUBUS DAN BALOK KELAS IX SMP NEGERI 2 PATIANROWO


Author (Penulis)

ZUMMROHTUL RACHMAWATI SUTIKNO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.05.0199

Abstract

ABSTRAK Beberapa materi dalam pembelajaran matematika pemecahannya berhubungan dengan kemampuan penalaran spasial, salah satunya pada materi geometri. Dimana dengan adanya kemampuan penalaran spasial yang baik akan memudahkan siswa dalam memahami materi geometri dalam pokok bahasan memahami sifat, bagian-bagian serta menentukan ukuran kubus dan balok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) kemampuan penalaran spasial yang dimiliki siswa kelas IX SMPN 2 Patianrowo tahun ajaran 2016/2017, (2) ada tidaknya pengaruh kemampuan penalaran spasial terhadap hasil belajar siswa pada materi memahami sifat, bagian-bagian serta menentukan ukuran kubus dan balok. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah One-Shot Case Study dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMPN 2 Patianrowo. Sampel dalam penelitian ini adalah keseluruhan populasi yang ada di kelas IX SMPN 2 Patianrowo, yang jumlah keseluruhannya terdapat 104 orang siswa. Data dalam penelitian ini diperoleh dari instrumen berupa tes kemampuan spasial, serta tes hasil belajar matematika siswa pada materi memahami sifat, bagian-bagian serta menentukan ukuran kubus dan balok. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji regresi linier sederhana. Berdasarkana hasil analisis data, simpulan data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah (1) kemampuan penalaran spasial siswa kelas IX SMPN 2 Patianrowo yang terdiri dari 104 orang siswa diperoleh, 18 siswa dalam kategori tinggi, 72 siswa dalam kategori sedang dan 14 siswa dalam kategori rendah. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa sebagian besar siswa kelas IX SMPN 2 Patianrowo memiliki kemampuan penalaran spasial sedang. (2) Dari hasil uji regresi linier sederhana diperoleh persamaan regresi Y = 36,031 + 3,936X yang berarti bahwa setiap kenaikan satu poin kemampuan penalaran spasial maka akan meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 3,936. Selain itu untuk pengujian hipotesis diperoleh nilai signifikan < 0,05 (0,00 < 0,05)maka H0 ditolak dan H1 diterima, yang berarti ada pengaruh kemampuan penalaran spasial terhadap hasil belajar siswa. KATA KUNCI: Analisis Kemampuan Penalaran Spasial, Hasil Belajar, Memahami sifat, bagian-bagian serta menentukan ukuran kubus dan balok.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-08

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI