PENGARUH MODEL QUANTUM LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI FUNGSI KUADRAT DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH KEDIRI


Author (Penulis)

HERU AGUNG PRASETIYO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.05.0198

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model quantum learning terhadap pemahaman siswa, untuk mengetahui pengaruh minat belajar siswa terhadap pemahaman siswa dan juga untuk mengetahui interaksi antara model quantum learning dan minat belajar siswa terhadap pemahaman siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Apakah ada pengaruh model quantum learning terhadap pemahaman siswa pada materi fungsi kuadrat di kelas X SMA Muhammadiyah Kediri? (2) Apakah ada pengaruh minat belajar siswa terhadap pemahaman siswa pada materi fungsi kuadrat di kelas X SMA Muhammadiyah Kediri? (3) Apakah ada interaksi antara model quantum learning dan minat belajar siswa terhadap pemahaman siswa pada materi fungsi kuadrat di kelas X SMA Muhammadiyah Kediri? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian Deskriptif Kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas X-1 dan X-2 SMA Muhammadiyah Kediri. Penelitian ini dilaksanakan tujuh pertemuan dengan menggunakan lembar soal pre-test, angket, tes pemahaman mengacu pada soal uraian Hasil penelitian dengan ?= 5% dapat disimpulkan bahwa (uji t) pada kelas eksperimen diperoleh tobs = 8,955 ? = 0,05 dan DK ={t|t<-2,012 atau t>2,012}. Karena tobs DK maka H0 ditolak, ini berarti ada pengaruh Model Pembelajaran quantum learning terhadap pemahaman siswa pada kelas eksperimen. Hasil analisis (uji t) pada kedua kelas, kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh tobs = 11,61 ? = 0,05 dan DK ={t|t<-2,011 atau t>2,011}. Karena tobs DK maka H0 ditolak, ini berarti ada pengaruh Model Pembelajaran quantum learning terhadap pemahaman siswa pada kelas eksperimen. Hasil analisis uji korelasi pada kelas eksperimen 0,76 ,sedangkan kelas control 0,39. Terbukti model pembelajaran quantum learning lebih berpengaruh dari pada pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan: 1) tujuan pada pelaksanaan pre-test, tes pemahaman dan angket minat belajar yaitu untuk mengetahui adanya pengaruh model quantum learning terhadap pemahaman dan interaksi antara minat belajar terhadap pemahaman; 2) untuk mengetahui pen Guru hendaknya senantiasa berusaha untuk memberikan motivasi pada siswa agar siswa mengikuti proses belajar dengan nyaman dan menyenangkan. Kata Kunci: : Model Pembelajaran quantum learning, pemahaman siswa, fungsi kuadrat kelas X

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-24

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI