EFEKTIVITAS PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS (PGL) KELAS VIII DI SMP PAWYATAN DAHA 2 KEDIRI
Author (Penulis)
ARUM PUSPITASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.05.0197
Abstract
Efektivitas Penerapan Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Persamaan Garis Lurus (PGL) Kelas VIII di SMP Pawyatan Daha 2 Kediri”, Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa hasil belajar, respon siwa, aktivitas siwa, dan kinerja guru di SMP Pawyatan Daha 2 Kediri masih rendah. Hal tersebut terjadi karena metode pembelajaran yang digunakan adalah metode konvensional, sehingga mengakibatkan siswa mudah bosan saat proses pembelajaran .
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah kinerja guru pada penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap materi Persamaan Garis Lurus (PGL)? (2) Bagaimanakah aktivitas siswa pada penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap materi Persamaan Garis Lurus (PGL)? (3) Bagaimanakah respon siswa pada penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap materi Persamaan Garis Lurus (PGL)? (4) Bagaimanakah hasil belajar siswa pada penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap materi Persamaan Garis Lurus (PGL)?. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian Kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas VIII di SMP Pawyatan Daha 2 Kediri. Untuk pengambilan sampelnya peneliti menggunakan nilai hasil pre-test dan post-test sebagai bahan pertimbangannya. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan instrument berupa soal pre-test, post-test, lembar kinerja guru dan siswa, serta angket respon siswa.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : (1) model problem based learning (PBL) dapat meningkatkan kinerja guru menjadi lebih aktif dan efektif. (2) Pembelajaran problem based learning (PBL) dapat meningkatkan aktivitas siswa, pada pertemuan I keterlaksanaannya adalah 54% dan pada pertemuan mencapai IV 82,20%. (3) Pembelajaran model problem based learning (PBL) dapat meningkatkan respon siswa. (4) Pada model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran mencapai KKM. Hal ini berdasarkan dari hasil analisis data thitung = 10,085 > ttabel = 1,72913, dan nilai signifikansi 0.000 < 0.05.
Kata Kunci : Efektivitas,PBL, Pesamaan Garis Lurus