ANALISIS KESALAHAN PROSEDURAL SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BENTUK AKAR KELAS X SMK TI PELITA NUSANTARA TAHUN AJARAN 2016/2017
Author (Penulis)
ZENI MELIYA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.05.0196
Abstract
ANALISIS KESALAHAN PROSEDURAL SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BENTUK AKAR KELAS X SMK TI PELITA NUSANTARA TAHUN AJARAN 2016/2017
Zeni Meliya
12.1.01.05.0196
FKIP-Pendidikan Matematika
zenimeliya@gmail.com
Khomsatun Ni’mah, M.Pd. dan Nurita Primasatya, M.Pd
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
ABSTRAK
Fakta yang diperoleh lebih dari 50% siswa dalam satu kelas kesulitan dalam menyelesaikan soal bentuk akar. Hal ini ditunjukkan dengan hasil ulangan harian mereka dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 72. Hubungan antara kesalahan dan kesulitan “jika seorang siswa mengalami kesulitan maka ia akan membuat kesalahan” (Hidayati, 2010: 5). Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kesalahan prosedural yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal bentuk akar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah siswa dari SMK TI Pelita Nusantara kelas X-RPL yang berjumlah 20 siswa dengan jumlah subjek wawancara 7 siswa yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Data yang dikumpulkan berupa hasil soal tes yang berbentuk essay dan hasil wawancara. Kesalahan siswa kelas X SMK TI Pelita Nusantara dalam menyelesaikan soal bentuk akar berdasarkan kesalahan prosedural yaitu 1) siswa tidak mampu menggunakan langkah yang sistematis, meliputi a) langkah-langkah penyelesaian soal tidak lengkap, b) langkah-langkah penyelesaian soal tidak urut, c) tidak menyertakan langkah-langkah penyelesaian soal. 2) Siswa melakukan kesalahan operasi hitung, meliputi a) kesalahan dalam penggunaan operasi hitung, b) kesalahan dalam menghitung hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. 3) Siswa tidak menyelesaikan soal sampai bentuk paling sederhana, meliputi a) tidak menyelesaikan soal sampai bentuk paling sederhana, b) kesalahan dalam menentukan bentuk paling sederhana.
Kata kunci: analisis, kesalahan prosedural, bentuk akar