EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DAN THINK PAIR SQUARE TERHADAP PRESTASI BELAJAR DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA KELAS XI IPA


Author (Penulis)

MUCHAMMAD IRFAN EFFENDI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.05.0194

Abstract

ABSTRAK Rendahnya prestasi belajar siswa menjadi latar belakang peneliti dalam melaksanakan penelitian, selain itu penggunaan model pembelajaran yang digunakan guru dalam pembelajaran kurang menarik dan cenderung berpusat pada guru, sehingga siswa tidak dapat mengembangkan kemampuan berpikir secara maksimal. Adapun tujuan pada penelitian ini adalah: untuk mengetahui (1) apakah prestasi belajar matematika siswa yang mendapatkan model pembelajaran Think Pair Share lebih baik daripada siswa yang mendapatkan model pembelajaran Think Pair Square pada materi peluang, (2) diantara kategori berpikir kritis siswa, manakah yang memiliki prestasi belajar yang lebih baik, antara siswa yang mempunyai kemampuan berpikir kritis tinggi, sedang dan rendah, (3) manakah yang memiliki prestasi belajar lebih baik, siswa dengan model pembelajaran Think Pair Share atau siswa dengan model pembelajaran Think Pair Square pada kategori berpikir kritis tinggi dan sedang, (4) pada kategori berpikir kritis rendah, manakah yang memiliki prestasi belajar lebih baik, siswa dengan model pembelajaran Think Pair Share atau siswa dengan model pembelajaran Think Pair Square, (5) dan manakah yang lebih efektif diantara model pembelajaran Think Pair Share dan model pembelajaran Think Pair Square ditinjau dari kemampuan berpikir kritis siswa.Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimental semu. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes dan observasi. Berdasarkan hipotesis maka digunakan uji anava dua jalan dilanjutkan dengan uji lanjut paska anava. Sebelum dilakukan uji anava maka dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) Prestasi belajar matematika siswa dengan model pembelajaran Think Pair Share lebih baik daripada siswa dengan model pembelajaran Think Pair Square, (2) Prestasi belajar matematika siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis yang tinggi lebih baik daripada siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis sedang dan rendah, dan prestasi belajar matematika siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis belajar sedang lebih baik daripada siswa yang memiliki kemampuan berpikir rendah, (3) Model pembelajaran Think Pair Share memperoleh prestasi belajar matematika lebih baik dibandingkan model pembelajaran Think Pair Square pada siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi dan sedang, (4) Model pembelajaran Think Pair Share memperoleh prestasi belajar yang lebih baik dibandingkan model pembelajaran Think Pair Square pada siswa yang memiliki kemampuan berpikir rendah, dan (5) model pembelajaran Think Pair Share lebih efektif dari pada model pembelajaran Think Pair Square ditinjau dari kemampuan berpikir kritis siswa. KATA KUNCI : Berpikir Kritis, Think Pair Share, Think Pair Square, Prestasi Belajar.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-13

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI