PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE (ENE) DAN TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT) PADA MATERI ALJABAR KELAS VII DITINJAU DARI KREATIVITAS BELAJAR SISWA SMP


Author (Penulis)

RAHMA DAYANTI CHOIRUNNISA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.05.0190

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini di latar belakangi karena rendahnya kreativitas siswa dalam proses pembelajaran matematika hal tersebut dikarenakan penggunaan model pembelajaran yang digunakan guru disekolah sebelumnya kurang menarik perhatian siswa, sehingga kreativitas siswa dalam pembelajaran matematika tergolong rendah. Adapun tujuan pada penelitian ini adalah: untuk mengetahui (1) kreativitas belajar siswa sesudah menggunakan model pembelajaran Example Non Example pada materi aljabar untuk siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Kota Kediri, (2) kreativitas belajar siswa sesudah menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament pada materi aljabar untuk siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Kota Kediri , (3) perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran Example Non Example dan Teams Games Tournament ditinjau dari kreativitas belajar siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Kota Kediri. Metode penelitian ini adalah eksperimen dengan pretest dan posttest design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Kota Kediri. Sampel yang diperoleh secara acak, kelas VII A sebagai kelas kontrol yang diberi model pembelajaran kooperatif tipe Example Non Example dan kelas VII D sebagai kelas eksperimen yang diberi model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament melalui kartu soal. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) Ada peningkatan kreativitas belajar siswa SMP Muhammadiyah 2 Kota Kediri setelah pembelajaran Example Non Example. Hal tersebut terlihat dari hasil perhitungan hipotesis 1 yang diuji menggunakan uji t untuk menentukan signifikannya diperoleh hasil thitung = 6,238404, jika dibandingkan dengan ttabel = 2,03224 maka dapat disimpulkan bahwa thitung > ttabel, (2) Ada peningkatan kreativitas belajar siswa SMP Muhammadiyah 2 Kota Kediri setelah pembelajaran Teams Games Tournament. Hal tersebut terlihat dari hasil perhitungan hipotesis 1 yang diuji menggunakan uji t untuk menentukan signifikannya diperoleh hasil thitung = 5,540877, jika dibandingkan dengan ttabel = 3,540877 maka dapat disimpulkan bahwa thitung > ttabel, (3) Dari hasil kedua model pembelajaran kooperatif ada perbedaan yang signifikan hal tersebut terlihat dari hasil perhitungan perbandingan kedua model. Kata kunci: Kreativitas Belajar Siswa, Example Non Example, Teams Games Tournament.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-13

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI